Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Puluhan Perempuan Ikuti Pelatihan Ecoprint PIRA Kudus

MURIANEWS,Kudus – Puluhan perempuan di Kudus mengikuti pelatihan Ecoprint yang diadakan oleh Perempuan Indonesia Raya (PIRA) di kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Kabupaten Kudus yang berada di sebelah utara IAIN Kudus, Minggu (8/11/2020).

Ketua PIRA Kudus Arni Aviyanti mengatakan pelatihan Ecoprint merupakan teknik membuat motif atau membatik di media kain dengan bahan alam seperti dedaunan yang ada di lingkungan sekitar. Pihaknya menyelenggarakan pelatihan tersebut dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan diikuti 20 orang peserta.

“Kegiatan ini bertujuan untuk pemberdayaan perempuan agar ibu – ibu bisa lebih mempunyai kreativitas yang produktif dan bisa untuk mendongkrak perekonomian dimasa pandemi. Pesertanya dari masyarakat sekitar yang tergabung dalam anggota PIRA Kudus ,” katanya.

Daunya sendiri, lanjut perempuan yang kerap disapa Avin tersebut, agar menjadikan hasil yang maksimal. Dedaunan yang digunakan juha harus menggunakan yang berserat dan tidak menggunakan daun yang berbulu atau berlilin.

“Untuk yang menggunakan teknik pengukusan siapkan dua kain sebagai kain utama dan blanket yang sebelumnya direndam di larutan mordan (tawas, dan bahan lain) selama 30 menit. Setelah itu peras hingga tidak ada air yang menetes,” ujarnya.

Kemudian, bentangkan plastik dan juga ada kain. Lalu, tata daun posisi tulang daun menghadap ke kain, setelah itu di gulung dan diikat menggunakan tali. Proses berikutnya, yakni dengan melakukan pengukusan selama kurang lebih dua jam.

“Setelah dua jam di angkat ikatan tersebut dan bisa dibuka. Setelah jadi, hasil dari pelatihan ecoprint ini akan dibagikan kepada masing – masing peserta. Dan peserta juga kami harapkan bisa mempraktikanya di rumah, sehingga selain sebagai keterampilan, bisa untuk menambah pemasukan,” tandasnya.

 

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...