Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Denda Pelanggar Protokol Kesehatan di Kudus Tembus Seratus Juta

MURIANEWS, Kudus – Jumlah denda yang terkumpul dari para pelanggar protokol kesehatan di Kabupaten Kudus kini tembus Rp 100 juta. Jumlah tersebut, diperoleh dari 1.909 pelanggar yang terjaring razia yustisi.

Kepala Satpol PP Kudus Djati Solechah mengatakan, penyumbang denda terbesar adalah dari perorangan. Yakni ada sebanyak 1.880 orang. Kemudian ada sebanyak 28 pelaku usaha mikro dan satu usaha kecil yang juga kena sanksi denda.

Khusus untuk pelaku usaha, kata Djati, mereka semuanya telah mendapat sanksi lisan dan sanksi tertulis terlebih dahulu, sebelum diterapkan denda.

Semetara untuk denda perorangan, pelanggar bisa saja memilih sanksi sosial. Tapi karena sejumlah faktor, biasanya mereka memutuskan memilih sanksi denda.

“Jumlah pelanggar tersebut, terjaring saat razia yustisi, sampai saat ini kami sudah melakukan sebanyak 1.983 kali operasi,” katanya, Sabtu (07/11/2020).

Dari jumlah razia tersebut pula, kata Djati, didapati sebanyak 16.658 pelanggar. Sebanyak 1.909 di antaranya memilih membayar denda. Sementara sebagian besar memilih sanksi sosial menyapu jalanan.

“Untuk yang menjalankan sanksi sosial ada 14.035 orang pelanggar,” ujarnya.

Selain itu, selama razia, Satpol PP Kudus juga mengeluarkan sanksi secara lisan sebanyak 662 kali. Kemudian sanksi tertulis sebanyak 66 kali.

“Jumlah tersebut dilakukan sejak 26 Agustus sampai 6 November 2020 kemarin,” rincinya.

Djati pun memastikan akan bersifat tegas dan tak pandang bulu dalam melakukan penegakan protokol kesehatan tersebut.

Para anggotanya juga, telah diwanti-wanti untuk terus membrikan contoh yang baik pada semua kalangan. Mengingat sebagai penegak Perbup, akan sangat tidak etis apabila perbup tersebut tidak dilaksanakan sendiri.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...