Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

382 CPNS Kudus Hasil Seleksi Mulai Aktif Bekerja 1 Desember Mendatang

MURIANEWS, Kudus –  Sebanyak 382 calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Kudus yang berhasil lolos akan mulai aktif bekerja di lingkup organisasi perangkat daerah (OPD) masing-masing pada 1 Desember 2020 mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kudus Catur Widyatno mengatakan, setelah mendapat nomor induk pegawai (NIP), mereka sudah harus melakukan kewajibannya sebagai CPNS.

“Mereka sudah harus ngantor pada 1 Desember,” katanya usai membuka pembekalan di Gedung A Setda Kudus, Sabtu (7/11/2020).

Walau demikian, status mereka masihlah CPNS. Untuk diangkat menjadi PNS, kata dia, harus mengikuti dan lolos diklat. Jika tidak lolos dalam diklat tersebut, maka statusnya tidak akan diangkat menjadi PNS.

Pelaksanaan diklat sendiri, diperkirakan berlangsung awal tahun depan.“Untuk diklat mungkin sekitar Febuari, tahun ini ada sepuluh angkatan,” kata dia.

Sementara untuk hak dari CPNS, per 1 Desember juga, mereka sudah mulai mendapatkan gajinya. Hanya nominalnya belum seratus persen dari gaji.

Yakni hanya sebesar 80 persen dari gaji pokoknya saja. “Baru setelah lulus, mereka akan dapat 100 persen gajinya,” jelas dia.

Sementara sampai saat ini, ke 382 CPNS mulai mendapat pembekalan awal. Setelah sebelumnya, mereka melakukan tes kesehatan jasmani dan rohani.

Catur mengatakan, isi dari materi pembekalan adalah pemberkasan peserta untuk mendapat nomor induk pegawai.

“Mereka kami ajarkan untuk melakukan pemberkasan sekaligus mendaftar untuk mendapat NIP,”  terangnya.

Untuk pelaksanaan pembekalan, rinci Catur, akan dilaksanakan selama dua hari. Per harinya, ada sebanyak tiga kelompok yang akan mengikuti pembekalan. Hal tersebut dilakukan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Per kelompok atau per sesinya, ada sekitar 63 peserta, pematerinya dari interna kami sendiri,” pungkasnya.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...