Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Reboisasi, Desa Pagendisan Pati Terima Bantuan Ribuan Bibit Pohon

MURIANEWS, Pati – Desa Pagendisan, Kecamatan Winong mendapatkan bantuan sekitar dua ribu bibit pohon dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL) Pemali Jratun di Bangsri, Jepara.

Bantuan tersebut didapat setelah tim KKN UIN Walisongo Semarang mengajukan permohonan guna reboisasi desa setempat. Selain itu, juga untuk mewujudkan wilayah Jawa Tengah (Jateng) yang hijau dan asri.

Wawan Mahasiswa UIN Walisongo yang melakukan KKN di desa tersebut mengatakan, bantuan dua ribu bibit pohon itu memang atas inisiasi dari para mahasiswa. Kebetulan, Jawa Tengah saat ini tengah menggalakkan program gerakan menanam pohon dalam bentuk reboisasi.

Untuk meringankan beban masyarakat, pihaknya pun berupaya untuk mencarikan bibit pohon yang sekiranya bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar. Karena itu, pihaknya menjalin kerjasama dengan Persemaian Permanen Bangsri, Jepara.

“Kami merasa sangat terbantu dengan adanya kerjasama ini. Sebab, kami bersama warga bisa turut menghijaukan bumi Pati maupun Jateng ini,” terangnya.

Ia menyebutkan, bantuan ribuan bibit pohon tersebut berupa buah-buahan. Ada bibit nangka, durian, jambu biji, petai, rambutan dan sirsak. Ada juga pohon lain seperti mahoni, kelor, sengon dan tabebuya.

“Total ada dua ribu bibit pohon. Ini buahnya bisa dimanfaatkan masyarakat, karena lokasinya di desa,” imbuhnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...