Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Cegah Covid-19, Belasan Sopir Bus AKDP di Terminal Induk Purwodadi Diswab

MURIANEWS, Grobogan – Belasan sopir bus antarkota dalam provinsi (AKDP) yang ada di Terminal Induk Purwodadi diperiksa kondisi kesehatannya, Kamis (4/11/2020). Tak hanya itu, mereka juga menjalani swab test untuk diambil sampel lendirnya.

Swab test itu dilakukan Polres dan Dinas Perhubungan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Grobogan.

Selain melakukan swab test, petugas gabungan juga melakukan pengecekan kondisi kendaraan. Pemeriksaan meliputi fungsi pengereman, lampu penerangan utama, lampu tanda berhenti dan berbelok, wiper hingga klakson.

Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Sri Martini mengatakan, kegiatan swab test dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan para pengemudi dan guna mencegah penularan virus corona atau Covid-19. Dengan mengikuti swab test maka pengemudi bisa mengetahui kondisinya apakah terpapar corona atau tidak.

Menurutnya, para awak bus sangat rentan terhadap penularan Covid-19. Sebab, mereka ini bekerja ke luar daerah yang barangkali masih memiliki tingkat kasus Covid-19 yang cukup tinggi.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh MURIANEWS (@murianewscom) pada

“Oleh sebab itu, dengan upaya yang kita lakukan, kami ingin memberikan kenyamanan pada masyarakat atau penumpang bus dan juga awak bus itu sendiri,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, ia mengimbau agar para awak kendaraan umum agar menyediakan fasilitas pendukung protokol kesehatan. Antara lain, menyediakan hand sanitizer, mengatur tempat duduk agar diberi berjarak, dan selalu menggunakan masker.

Sementara itu, dari kegiatan pengecekan kendaraan, petugas menemukan ada beberapa bus dengan baut roda yang kurang lengkap serta kemudi yang kurang berfungsi dengan baik. Kemudian, ada bus yang tidak menyediakan fasilitas protokol kesehatan di dalam kendaraan.

“Kami minta kepada awak bus agar pemeriksaan kondisi kendaraan dilakukan secara berkala. Kami imbau agar fasilitas penunjang protokol kesehatan disediakan untuk mencegah penularan covid-19,” tambah Kanit Laka Ipda Candra Bayu Septi.

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...