Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Instagram RS Rehatta Kelet Diretas, Muncul Gambar Syur Menghebohkan

MURIANEWS, Jepara – Kejahatan cyber menimpa akun Instagram resmi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Rehatta milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, yang berada di Kelet, Jepara. Seseorang yang belum diketahui berhasil meretas akun milik RSUD dr Rehatta, sejak Selasa (3/11/2020) tengah malam.

Akun dengan nama @rsudkeletjateng diretas dan memunculkan gambar-gambar wanita dengan pose syur. Selain mengunggah foto-foto syur wanita, pelaku juga mengganti foto profil akun ini dengan foto gambar wanita dalam pose syur juga.

Kejadian ini menimbulkan reaksi dari sejumlah pengguna media sosial Instagram. Beberapa akun memberikan beberapa komentar terkait dengan kejadian ini.

Terkait dengan kejadian ini, Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jepara, Wahyanto menyatakan pihaknya sudah melakukan konfirmasi ke pihak Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Dari sana diperoleh keterangan, bahwa akun instagram @rsudkeletjateng memang diretas oleh pihak tak bertanggung jawab.

“Jadi sudah kami sampaikan permohonan konfirmasi mengenai kejadian ini ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Dari pihak Provinsi Jawa Tengah menyatakan, memang akun instagram itu diretas oleh orang tak bertanggung jawab sejak Selasa (3/11/2020) malam,” ujar Wahyanto, Rabu (4/11/2020).

Sampai Rabu (4/11/2020) siang, akun yang memiliki 1.974 pengikut ini sempat mengganti nama biodata profil dengan kalimat Talk to Me. Pihak RSUD dr Rehatta sendiri belum bisa memberikan konfirmasi secara langsung terkait hal ini.

Direktur RSUD dr Rehatta, dr Widya Kunta belum bisa dihubungi. Nomer ponselnya tidak aktif saat MURIANEWS mencoba mendapatkan klarifikasi.

Namun, lewat media sosial Facebook, akun resmi mereka, RSUD dr Rehatta telah memberikan pernyataan terkait diretasnya akun instagram mereka. Dalam pemberitahuannya di FB, RSUD dr Rehatta menyatakan akun instagram mereka telah di-hack oleh pihak yang tidak diketahui sejak Rabu (4/11/2020) dinihari jam 00.00 WIB.

Selanjutnya mereka menyatakan, bahwa konten yang muncul di akun instagram RSUD Kelet @rsudkeletjateng sejak diretas bukan produk mereka.

“Diberitahukan kepada seluruh follower bahwa Instagram RSUD Kelet (@rsudkeletjateng) telah di RETAS sejak pukul 00.00. Segala konten RSUD Kelet saat ini bukan merupakan produk RSUD Kelet. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” demikian unggahan yang disampaikan Management RSUD Kelet seperti yang mereka unggah di akun FB mereka.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...