Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Begini Cara Pemdes Tanjungkarang Cegah Corona Meluas di Kantor Desa

MURIANEWS, Kudus – Langkah bagus diambil oleh Pemerintah Desa Tanjungkarang, Kecamatan Jati, Kudus. Untuk menerapkan protokol kesehatan, ruang pelayanan diberi mika pembatas. Rapat kegiatan desa juga hanya diisi maksimal sepertiga ruangan saja.

Ditemui oleh MURIANEWS pada Rabu (04/11/2020), Kepala Desa Tanjungkarang, Sumarno mengatakan, pihaknya berusaha untuk mencegah penyebaran virus corona. Yakni dengan cara memberikan batas mika di ruang pelayanan masyarakat.

Di ruang pelayanan, tampak sudah diberi mika. Hand sanitizer dan thermogun juga di sediakan.

Di tempat menunggu juga disediakan tiga tempat cuci tangan. Satu di luar ruangan pelayanan. Sedangkan dua tandon cuci tangan bewarna biru diletakkan di dekat pintu gerbang Balai Desa Tanjungkarang.

Untuk mika berukuran persegi panjang itu menjadi pembatas antara masyarakat dengan perangkat desa saat sedang berinteraksi. Tujuannya agar tidak terjadi penyebaran droplet.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MURIANEWS (@murianewscom) on

Kegiatan rapat juga dibatasi maksimal sepertiga dari ruang aula di balai desa. Ruang aula yang sejatinya berkapasitas 150 orang, selama pandemi hanya diperbolehkan diisi 50 orang saja.

“Kami terapkan protokol 3M di area balai desa. Prosedur cuci tangan dan pakai masker juga kami sampaikan ke masyarakat,” kata Sumarno.

Menurut dia, kegiatan seperti PKK juga dibatasi. “PKK biasanya bayar iuran terus pulang,” sambungnya.

Kendati sudah menerapkan protokol kesehatan, Sumarno tetap mengembalikan pencegahan corona ini ke pribadi masyarakat masing-masing.

“Ketaatan protokol kesehatan saya kembalikan juga ke warga. Warga harus sadar untuk ikut serta mencegah penyebaran virus corona. Harapan saya masyarakat sadar akan hal ini,” imbuhnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...