Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tak Registrasi Ulang, Kartu Peserta BPJS Kesehatan Kelompok Ini Bakal Dinonaktifkan Sementara

MURIANEWS, Kudus – Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) segmen Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN) dan bukan pekerja diwajibkan untuk melakukan registrasi ulang kepesertaan mulai 1 November 2020. Jika tidak melakukan registrasi, kepesertaan BPJS akan dinonaktifkan sementara.

Alhasil, pelayanan BPJS Kesehatan tidak dapat digunakan. Peserta yang harus melakukan registrasi ulang yakni peserta yang berprofesi sebagai PNS, TNI, dan Polri. Baik yang masih aktif bekerja maupun yang sudah pensiun.

Registrasi harus dilakukan karena sejauh ini mereka mendaftarkan diri menggunakan Nomor Pokok Pegawai (NPP), bukan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Menurut Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Kudus Rahmadi Dwi Purwanto, peserta yang tidak melakukan registrasi akan dinonaktifkan sementara kepesertaannya sampai melakukan registrasi ulang.

“Bagi yang belum registrasi, kami nonaktifkan sementara. Tidak ada tenggat waktu harus registrasi kapan. Sesegera mungkin melakukan registrasi ulang supaya pelayanannya bisa digunakan,” katanya, Rabu (04/11/2020).

Untuk cek status kepesertaan apakah masih aktif atau tidak, dapat diketahui dengan beberapa cara. Kepesertaan BPJS Kesehatan dapat diketahui ketika sedang memeriksakan diri di faskes pertama. Secara by system dapat diketahui apakah kita masih terdaftar kepesertaan BPJS Kesehatan atau tidak.

Ketika sedang dinonaktifkan, peserta untuk sementara waktu tidak dapat memanfaatkan pelayanan BPJS Kesehatan. Hal itu berlangsung sampai peserta melakukan registrasi ulang menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk mengantisipasi hal itu, ada cara yang dapat dilakukan untuk mengecek kepesertaan BPJS Kesehatan. Yakni dengan cara menggunakan aplikasi mobile JKN.

Selain itu, peserta bisa menghubungi via call center di 1500 400. Tak hanya itu, peserta juga dapat cek status kepesertaan BPJS Kesehatan melalui nomor Whatsapp 0811-8750-400 atau lewat jejaring sosial Facebook yang dapat di akses di https://www.facebook.com/BPJSKesehatanRI.

Selain itu, peserta dapat bertanya lewat media sosial telegram BPJS Kesehatan di https:/t.me/BPJSKes_bot.

Ketika nantinya status kepesertaan belum melakukan registrasi ulang, peserta wajib melakukan registrasi ulang dengan cara datang langsung ke Kantor BPJS cabang Kudus. Tentunya dengan membawa Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan SK Pensiun bagi yang sudah pensiun.

“Untuk yang belum melakukan registrasi ulang bisa datang langsung ke kantor cabang BPJS dengan membawa NIK, KK dan SK pensiun untuk yang sudah pensiun,” tandasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...