Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Desa Pekalongan Pati Masuk Enam Besar Lomba Jogo Tonggo Tingkat Provinsi

MURIANEWS, Pati – Desa Pekalongan, Kecamatan Winong masuk dalam nominasi enam besar lomba jogo tonggo tingkat Provinsi Jawa Tengah. Pekalongan menjadi satu-satunya desa yang mewakili Pati untuk merepresentasikan kesiapsiagannya dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Kabid Penataan Desa pada Dispermadesdukcapil Jateng Joko Sulistyono mengatakan, ada lima bidang yang dilakukan penilaiain. Seperti bidang kesehatan, ekonomi, keamanan dan sosial, hiburan, serta inovasi.

“Kesehatan dan Inovasi menjadi nilai terbesarnya. Bagaimana di tingkat desa bahkan di tingkat rukun warga bisa bergotong-royong dalam menangani pandemi Covid-19 ini,” ujar pria yang juga menjadi ketua tim penilai ini.

Dia menambahkan, total ada 25 kabupaten dan lima kota yang mengikuti perlombaan progam Jogo Tonggo tersebut. Dari puluhan peserta itu, Desa Pekalongan perwakilan Kabupaten Pati telah masuk enam nominasi terbaik se-Jawa Tengah.

Tim penilai disambut dengan beberapa tarian dan kalungan bunga saat berkunjung di Desa pekalongan (MURIANEWS/Cholis Anwar)

“Untuk penentuan pemenangnya direncanakan pada pekan ketiga November ini. Kami telah menggandeng berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) seperti Dinsos, Diskominfo, Bakesbanglinmas, praktisi, serta akademisi dari Universitas Diponegoro,” terangnya.

Dari hasil verifikasi itu, Joko melihat Desa Pekalongan memiliki sisi unggul dari gotong royong warga dalam penanganan Covid-19. Selain itu satgas yang ada di desa pun memiliki data yang cukup lengkap.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MURIANEWS (@murianewscom) on

“Harapan dengan adanya progam ini masyarakat di Jawa Tengah dapat bergotong royong terutama saat pandemi sehingga cepat selesai,” ujarnya.

Sementara itu Ukhwatur Roi, Kepala Desa Pekalongan mengatakan, pihaknya bersyukur desanya masuk dalam nominasi penilaian Satgas Jogo Tonggo Provinsi Jawa Tengah. Baginya hal tersebut dapat memberi semangat tersendiri. Khususnya bagi masyarakat di tingkat bawah.

“Karena kami bersama-sama dari unit terkecil. Rukun tetangga hingga rukun warga. Kami juga telah mengaktifkan poskamling di tiap RT dan RW. Selain untuk menjaga keamanan, poskamling itu juga berfungsi semacam posko penanganna covid di tingkat terkecil desa,” tutupnya.

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...