Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ingat Pansus Covid-19 DPRD Jepara? Ini yang Sudah Dilakukan

MURIANEWS, Jepara– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara, beberapa waktu lalu telah membentuk Pansus (Panitia Khusus) Covid-19. Pansus Covid-19 ini dibentuk dalam rangka mengawasi pelaksanaan penanganan Covid-19 di Kabupaten Jepara.

DPRD Jepara merasa perlu melaksanakan hal ini sebagai bagian hadirnya para anggota DPRD Jepara dalam kasus penanganan Covid-19 di Kabupaten Jepara. Lalu bagaimana langkah-langkah yang sudah dilakukan?

Wakil Ketua DPRD Jepara, Pratikno sebagai salah satu inisiator dibentuknya Pansus Covid-19 Jepara menegaskan bahwa proses-proses berkait dengan kerja Pansus ini masih terus berjalan. Sejauh ini Pansus sudah melakukan beberapa kegiatan untuk mendapatkan beberapa informasi terkait penanganan Covid-19 di Kabupaten Jepara. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari partisipasi DPRD Jepara di dalam ikut menangani pandemi Covid-19.

“Sudah bekerja Pansus ini. Dalam minggu ini kami bahkan sudah mengagendakan pertemuan antara Pimpinan DPRD Jepara dan para ketua Pansus untuk melakukan koordinasi. Dalam pertemuan ini Pansus akan diminta penjelasan mengenai progres kegiatannya,” ujar Pratikno, yang juga Wakil Ketua DPRD Jepara ini, Selasa (3/11/2020).

Sementara itu, Nurhidayat yang merupakan anggota Pansus Covid-19 menyatakan, pada awal Bulan Nopember ini pihaknya bahkan sudah akan menyampaikan rekomendasi. Sebelum ini pihaknya sudah melakukan beberapa kegiatan terkait kerja Pansus Covid-19 yang sudah dibentuk DPRD Jepara.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MURIANEWS (@murianewscom) on

Di antaranya adalah melakukan investigasi, publik hearing, menerima laporan pengaduan dari masyarakat dan menganalisa data-data yang ada.

Kegiatan hearing dilaksanakan dengan para Petinggi Desa, Anggota Satgas Penanganan Covid-19 Jepara, DPD Muhamadiyah, PC NU Jepara, HIMKI, organisasi Disabilitas dan beberapa komunitas di Jepara.

Selain itu juga beberapa kelompok masyarakat juga sudah diajak melakukan hearing terkait dengan penanganan Covid-19 di Jepara. Hingga kini, pihaknya masih dalam proses melakukan penyusunan draft rekomendasi.

“Untuk saat ini Pansus Covid-19 sedang melakukan proses penyusunan draf setelah sebelumnya melakukan sejumlah kegiatan. Dalam bulan ini sudah akan kami sampaikan rekomendasinya. Selain itu, sebagai bagian dari tanggung jawab moral, kami juga akan mempublish hasil yang kami dapatkan. Nanti kami akan undang media juga,” ujar Nurhidayat.

Anggota Pansus Covid-19 lainnya, Sunarto juga menegaskan pihaknya sudah melakukan public hearing dengan mengundang tokoh-tokoh masyarakat di DPRD Jepara. Kemudian Tim Pansus juga sudah terjun langsung menemui sejumlah tokoh untuk mendapatkan masukan. Selain itu Tim Pansus juga sudah membuat layanan WhatsApp untuk menampung aspirasi dari masyarakat luas.

“Untuk selanjutnya kami tinggal merumuskan rekomendasi yang akan kami sampaikan ke Pimpinan DPRD Jepara. Mungkin dalam pekan-pekan ini sudah ada rekomendasi yang disampaikan,” ujar Sunarto.

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...