Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ratusan Hektare Sawah di Pati Terendam Banjir, Kerugian Capai Ratusan Juta

MURIANEWS, Pati – Setidaknya ada sebanyak 150 hektare sawah di Desa Jambean Kidul, Kecamatan Margorejo, Pati terendam banjir. Atas kejadian ini, petani diperkirakan merugi hingga ratusan juta.

Salah seorang petani desa setempat Karmani mengatakan, sebagian besar sawah yang kebanjiran sudah ditanami padi. Hanya, masa tanamnya berbeda-beda. Ada yang baru sepekan ada juga yang sudah tiga pekan.

Menurutnya, banjir tersebut lantaran intensitas hujan tinggi yang turun beberapa hari terakhir. Sehingga membuat sungai airnya meluber hingga masuk ke areal persawahan.

“Selain itu banjir ini juga luapan dari Sungai Juwana. Karena di sebelah utara Sungai Juwana itu kan areal persawahan,” katanya, Selasa (3/11/2020).

Terkait kerugian, ia mengakui diperkirakan mencapai ratusan juta. Dengan rincian, untuk biaya peroduksi tanam dalam satu hektarenya menghabiskan ongkos Rp 3 juta. Belum lagi ada padi yang sudah di pupuk.

“Kalau luas yang kebanjiran sekitar 150 hektare, bisa dikalikan Rp 3 juta per hektarnya. Itu di luar yang sudah dilakukan pemupukan,” terang Karmani.

Pihaknya pun belum bisa memprediksi kapan banjir ini akan berakhir. Apalagi, saat ini baru mulai musim hujan. Selain itu, intensitas hujan juga sedang tinggi. Diperkirakan areal persawahan yang terdampak banjir akan semakin meluas.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...