Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Belajar Luring Melalui Radio, Cegah Kejenuhan Siswa di Kudus Selama PJJ

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) membuat cara baru dalam pembelajaran jarak jauh (PPJ). Yakni dengan melakukan pembelajaran luar jaringan (luring) melalui radio yang akan digelar selama bulan November 2020.

Kabid Dikdas Disdikpora Kudus Dian Vitayani Winahyu mengatakan, program guru mengajar di radio merupakan salah satu terobosannya dengan jargon Si – Polar (Sinergi dalam Pola Belajar). Yang bertujuan untuk membangkitkan semangat siswa di masa PJJ.

“Metode luring ini kami lakukan dengan melakukan pembelajaran melalui Radio Suara Kudus. Ini juga menjadi media agar anak tidak jenuh dan tetap bersemangat dalam PJJ. Kami kira itu menyenangkan saat anak itu penasaran, seperti apa si pembelajaran melalui radio,” katanya, Selasa (3/10/2020).

Untuk teknisnya, pihaknya melibatkan beberapa guru pengajar dari berbagai sekolahan mulai SD hingga SMP untuk menyampaikan materi. Satu pekan, berlangsung selama tiga hari, Senin sampai dengan Rabu dan dibagi menjadi dua sesi.

“Setiap harinya ada dua guru pengampu, mulai kemarin hingga tanggal 11 November itu fokus di SD mulai dari kelas satu hingga kelas enam. Dibagi dua sesi mulai pukul 07.00 hingga 08.00 WIB dan sesi kedua 08.00 hingga 09.00 WIB. SMP mulai 16 November,” jelasnya.

Semua siswa, menurutnya dipersilahkan mengikuti pembelajaran melalui radio tersebut baik SD, MI, SMP dan juga Mts.

Terpisah, Guru Kelas Lima SD 2 Mijen Qibtiyah mengatakan pagi hari tadi, di sesi kedua pihaknya mengampu tiga mata pelajaran saat menjadi guru mengajar di radio. Yakni PPKN, Bahasa Indonesia, dan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).

“Di Mapel PPKN tadi materi tentang tanggung jawab, Bahasa Indonesia tentang pantun seperti ciri – ciri, pembuatan pantun, hingga memaknainya. Dan yang SBdP tentang pembuatan sketch gambar bercerita. Ada juga sesi tanya jawab melalui WA dan saya jawab melalui radio. Setelah itu saya berikan tugas untuk dikerjakan di rumah,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...