Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jam Malam di Pati Dihentikan, Gerakan Pakai Masker Tetap Jalan

MURIANEWS, Pati – Bupati Pati Haryanto sudah memberhentikan pemberlakuan jam malam untuk mengantisipasi kerumunan. Pemberhentian dilakukan per 1 November kemarin.

Hanya, untuk gerakan memakai masker serentak, tetap dijalankan hingga saat ini. Mengingat, masih banyak masharakat yang belum mematuhi protokol kesehatan, termasuk memakai masker.

“Jam malam sudah kami berhentikan, kalau gerakan memakai masker, masih,” katanya.

Dia juga mengatakan, untuk kasus covid-19 di Bumi MinaTani memang fluktuatif, tetapi tidak begitu signifikan. Karena itu, pihaknya akan lebih mengintensifkan gerakan 3M (Memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).

Selain itu, pihkanya juga menyoroti terkait minimnya penggunaan masker di wilayah pasar. Hal itu sering ditemukan pada saat tidak adanya operasi yustisi. Sementara pada saat operasi, para pedagang maupun pengunjung banyak yang menggunakan masker.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MURIANEWS (@murianewscom) on

“Walaupun begitu, kami tetap rutin melakukan operasi. Pihak pasar juga kami intruksikan agar rutin memberikan imbauan bagi pedagang maupun penjual agar memakai masker,” imbuhnya.

Memang, lanjutnya, beberapa kali ada klaster pasar yang membuat aktivitas pedagang tersendat. Namun, setelah ada klaster itu, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 langsung melakukan penanganan.

“Kita langsung rapid test, kalau reaktif langsung di-swab. Kalau hasilnya positif, langsung kami karantina. Kami juga lakukan tracing agar tidak semakin meluas,” terangnya.

Sekalipun pemberlakuan jam malam sudah ditiadakan, hal ini bukan berarti masyarakat bebas berkerumun, nongkrong sampai larut malam. Haryanto juga mengimbau agar warga tetap menaati protokol kesehatan.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...