Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bikin Onar Usai Nge-fly Pakai Jamur Tlethong, Tiga Remaja di Jepara Diamankan Satpol PP

MURIANEWS, Jepara – Tiga orang remaja diamankan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jepara lantaran membuat onar usai mabuk atau nge-fly jamur tlethong (kotoran sapi). Saat diamankan, satu remaja bahkan masih berhalusinasi dan tak sadarkan diri.

Kasus tersebut terjadi sejumlah warga Tegalsambi memberikan laporan ke Satpol PP Jepara, terkait keberadaan remaja-remaja tersebut. Mereka yang berada di Lapangan Sepak Bola Tegalsambi, Kecamatan Tahunan, Jepara langsung diamankan Satpol PP, Selasa (3/11/2020) pagi.

Ridhuan, salah seorang anggota Satpol PP Jepara mengatakan, tiga remaja tersebut diketahui telah mengkonsumsi jamur tlethong. Jamur tersebut biasa tumbuh di kotoran sapi dan bisa menimbulkan efek berbahaya karena bisa meracuni yang mengkonsumsinya.

“Mereka menikmati jamur tlethong tersebut, pada Senin (2/11/2020) malam. Efeknya sampai pagi. Bahkan salah satu di antaranya sempat membuat onar karena berhalusinasi,” katanya, Selasa (3/11/2020)

Satu remaja itu, katanya, sempat mengamuk dan melakukan tindakan-tindakan tak terkontrol. Akibatnya, warga langsung mengamankan yang bersangkutan supaya tidak meresahkan warga.

“Saat dijemput Satpol PP Jepara, satu orang di antaranya sudah dalam posisi diikat dan masih tak sadarkan diri,” ungkapnya

Tiga orang remaja yang diamankan tersebut, masing-masing berinisial TGR, warga Bulu, Jepara, JEP (Tegalsambi) dan AC (Mulyoharjo). Saat dibawa ke Satpol PP, AC masih tidak sadarkan diri. Meskipun matanya terbuka, remaja ini linglung karena efek jamur tersebut.

Kepada petugas JEP mengakui, ia bersama dua temannya sebelumnya mengkonsumsi jamur tlethong yang dicampur dengan mie instan. Setelah makan bersama, AC malah tak terkendali dan mengamuk. Warga kemudian mengambil tindakan dengan mengikatnya. Karena ulahnya dinilai membahayakan.

Jamur tlethong itu menurut JEP didapatkan dengan cara mencarinya di kandang sapi warga Tegalsambi.

“Saya sempat pulang setelah melihat teman saya fly tak terkendali. Namun kemudian balik lagi ke lapangan Tegalsambi. Lalu dibawa (petugas) ke sini,” ujar JEP.

Hingga berita ini diunggah, Satpol PP Jepara masih terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan sejumlah pihak. Selain mencoba menghubungi pihak orang tua dari masing-masing, Satpol PP Jepara juga menghubungi pihak Petinggi Desa masing-masing.

Mereka juga diberi edukasi mengenai bahaya dari tindakan yang dilakukan para remaja tersebut. Karena kondisi satu orang remaja yang masih belum stabil, akhirnya dibawa ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...