Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Berawal dari Suka, Ismail Terbitkan Buku-Buku Tentang Kudus

MURIANEWS, Kudus – Kecintaan Ade Achmad Ismail pada buku membuat dia dan rekan-rekannya yang tergabung di Paradigma Institute mengumpulkan naskah tentang Kudus dan membukukannya agar dapat dibaca masyarakat Kota Kretek.

Saat ditemui MURIANEWS di salah satu kedai kopi di wilayah UMK, Senin (02/11/2020) Ismail-sapaan akrabnya yang saat ini menjabat sebagai Manajer Paradigma Institute itu mengatakan Paradigma Institute sudah berdiri sejak lama.

Namun, izin usaha penerbitan mulai di gagas bersama rekan-rekannya di 2017 lalu. Bersama rekan-rekannya di Paradigma Institute itu, pemuda kelahiran Kudus, 21 Mei 1994 itu mengumpulkan naskah-naskah tentang Kudus.

Buku pertamanya yang sudah berizin edar berjudul Mitologi Ritual Budaya Kaki Muria.

“Kami kumpulkan naskah-naskah tentang Kudus. Awalnya sempat bingung mau nerbitin buku kan butuh modal, setelah kami diskusikan akhirnya kami sepakat jualan. Jadi teman-teman yang di Paradigma ya jadi reseller jualan buku juga,” katanya.

Berawal dari buku berjudul Mitologi Ritual Budaya Kaki Muria, kini beberapa judul buku yang berhubungan dengan Kota Kretek satu per satu diterbitkan. Mulai dari “Yang Asing di Kampung Sendiri”, “Akankah Kami Menjadi Kita”, dan “Gadis Muria”.

Lebih lanjut, menurut Ismail sudah ada 20 judul buku yang dipasarkan secara mandiri di bawah payung penerbit Paradigma Institute.

Pemuda yang doyan makan lentog itu berharap dengan adanya buku tentang Kudus, Kota Kretek dapat terdokumentasikan. Saat ini dia dan teman-temannya dalam proses menggarap buku tentang Kopi Muria.

“Harapan kami Kudus bisa terdokumentasikan. Saat ini kami juga sedang proses menyelesaikan buku tentang Kopi Muria,” harapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...