Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Menuju Utara, Satu-satunya Band Pemantik Semangat Suporter Persiku Kudus

MURIANEWS, Kudus – Dalam perjalananya, sepak bola dan musik sulit dipisahkan. Para suporter biasanya mendukung klub sepak bola kesayanganya dengan diiringi musik menggebrak yang membangkitkan semangat.

Di Kabupaten Kudus sendiri ada satu-satunya band yang selalu fokus mensuport suporter Persiku Kudus. Band tersebut bernama Menuju Utara. Semua lagu yang dibuat band tersebut, menceritakan tentang suporter dan Persiku.

Band in, dibentuk pada awal 2017 oleh drummernya yang bernama Guntur. Penggawa band ini yakni Azy (vokalis dan gitaris), Fatah Gitaris dan Zulfa yamg menjadi bassis.

“Tahun 2017 saya membuat band, namun saya punya tujuan yakni untuk menyuport Persiku dan suporternya,” kata Guntur penulis lagu sekaligus drummer band Menuju Utara, Senin (2/10/2020).

Nama Menuju Utara sendiri, diambil dari ikon Kudus di sebelah itu. Pasalnya di daerah ini menjadi pusat wisatanya Kabupaten Kudus.

“Iconicnya  Kudus itu di sebelah utara, seperti Gunung Muria, Rahtawu dan sekitarnya. Biasanya, orang Kudus kalau mau main kan bilang ayo ngalor (ayo keutara) dengan tujuan berbagai tempat itu. Akhirnya saya terjemahkan jadi Menuju Utara,” ujarnya.

Atas dasar kecintaanya dalam pesepakbolaan dan menjadi bagian dari Suporter Macan Muria (SMM) semenjak tahun 2004, ia pun terinisiasi untuk membuat lagu-lagu yang ditujukan untuk Persiku dan SMM.

“Semua lagu Menuju Utara itu tentang Persiku. Menyemangati teman-teman suporter paling mudah itu salah satunya dengan musik. Ketika Persiku bagus yang nonton itu sangat banyak,  tapi ketika Persiku terpuruk yang nonton sedikit. Jadi ini juga untuk merawat semangat teman – teman supporter,” jelasnya.

Sampai saat ini, pihaknya sudah membuat satu album pribadi Menuju Utara dan satu album split kolaborasi dengan Corner Attack pendukung PSIM asal Yogyakarta. Di album pertamanya, ia berhasil membuat lima lagu.

“Album pertama namanya Form Matchday to Gigs ada lima lagu yang berjudul, Tribun Timur, Footbal Im In Love, Persiku You’ll Never End & Never Surrender, Coba Lagi Tahun Depan, dan Berjanjilah (Demi Macan Muria),” ungkapnya

Sedangkan, di album split  kolaborasi yang bernama Stadium Connection, ia menciptakan dua lagu yang berjudul Come On You Muria Tiger dan Kota Kudus Tercinta. “Untuk Corner Attack di album itu menciptakan lagu PSIM Berlaga dan Riot On Stadium,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...