Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ruang Kelas SD N Ngarus 2 Pati Roboh Diterjang Hujan

MURIANEWS, Pati – Ruang kelas tiga di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Ngarus Kecamatan Pati roboh setelah diterjang hujan, Minggu (1/11/2020) malam. Tak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun kerugian materiil diduga mencapai puluhan juta.

Kepala SDN Ngarus 2 Pati Siti Juwariyah mengatakan, ruang sekolah mulanya mengalami retak, Jumat (30/10/2020) lalu. Tak hanya itu, bagian teras juga sudah mulai renggang dengan tembok utama.

“Jumat itu kan ada hujan deras dan angin kencang. Ketika itu, teras ruang kelas tiga sudah mulai geser, menjorok ke depan. Kemudian tiang penyangga juga sudah miring,” katanya, Senin (2/11/2020).

Karena kondisi itu, sejumlah perabot ruang kelas pun dikeluarkan oleh penjaga. Hingga kemudian pada sabtu, terjadi hujan lebat kembali. Akibatnya, empat ruangan atapnya bergelombang, seperti tidak kuasa menahan beban.

Bangunan SDN 2 Ngarus, Pati yang roboh diterjang hujan dipasangi police line. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

“Pada saat itu, kami juga memberikan batas peringatan agar tidak boleh melewati ruang kelas satu, dua, tiga dan ruang laboratorium,” terangnya.

Kemudian pada Minggu (1/11/2020) malam kemarin, terjadi hujan lembat kembali mengguyur. Saat itulah, atap roboh. Hanya tidak ada yang tahu persis bagaimana proses robohnya bangunan tersebut karena posisinya malam hari.

“Penjaga pun tahunya sekitar pukul 5.30 WIB. Tau-tau atapnya sudah roboh. Di dalam ada banyak dokumen juga,” katanya.

Dari pantauan lapangan, ruang kelas yang roboh itu sudah di pasangi police line oleh petugas kepolisian. Sementara kerugian material pasti, sejauh ini masih dalam pendataan.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...