Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Warga Kudus Tetap Harus Terapkan 3M Walau Kasus Pasien Sembuh Terus Naik

MURIANEWS, Kudus – Kasus pasien sembuh corona di Kabupaten Kudus bertambah sembilan orang pada Minggu (1/11/2020) malam. Sehingga menambah pasien sembuh corona menjadi 1.686 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kudus dokter Andini Aridewi menjelaskan, penambahan pasien sembuh sampai saat ini terus terjadi di tiap harinya.

Walau memang, penambahan kasus pasien sembuh juga masih diiringi oleh penambahan kasus pasien yang baru terpapar.

“Walau kasus pasien sembuh terus mengalami peningkatan, masyarakat di Kota Kretek harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku,” ucap Andini Senin (2/11/2020) pagi.

Sampai saat ini sendiri, lanjut Andini, kasus aktif terkonfirmasi corona di Kabupaten Kudus kini mencapai 124 orang. Dengan rincian 79 pasien menjalani isolasi mandiri dan 45 pasien yang dirawat di rumah sakit.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MURIANEWS (@murianewscom) on

“Untuk pasien yang menjalani perawatan kebanyakan dari mereka memiliki penyakit penyerta dan bergejala berat, sementara untuk yang isolasi mandiri, mereka tak bergejala,” ujarnya.

Andini mengatakan, penting untuk mencegah penularan atau penyebaran Covid-19 adalah tetap waspada dan disiplin mematuhi berbagai ketentuan pemerintah yakni protokol 3 M (menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, dan memakai masker).

Pertama, kata dia, adalah betul-betul mematuhi social distancing (menjaga jarak sosial) dengan tidak keluar rumah kecuali untuk hal-hal yang sangat penting.

“Saat harus keluar rumah, usahakan selalu melakukan physical distancing (menjaga jarak fisik) dengan menghindari kerumunan dan menjaga jarak minimal 1-2 meter dari orang lain,” terangnya.

Kedua, sambung Andini, adalah selalu memakai masker saat berada di tempat umum. Sementara ketiga, yakni rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer selama minimal 20 detik.

“Terutama setelah menyentuh benda-benda yang disentuh banyak orang,” tandasnya.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...