Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Melahirkan Saat Pandemi Tetap Aman, Ini Tipsnya

MURIANEWS, Kudus – Ibu hamil tak perlu risau jika melahirkan di masa pandemi seperti saat ini. Proses persalinan tetap aman asal mengikuti prosedur dari tenaga medis.

Kepala Puskesmas Jati Ahmad Muhammad menyampaikan, tidak ada larangan untuk hamil kendati saat ini masih dalam masa pandemi.

“Melahirkan tetap aman saat pandemi. Prinsipnya harus menerapkan protokol kesehatan. Kami dari puskesmas juga ada pemantauan khusus,” jelas Ahmad kepada MURIANEWS.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MURIANEWS (@murianewscom) on

Menurutnya ketika ada keluhan segera sampaikan ke petugas kesehatan. “Misal ada keluhan segera sampaikan ke petugas kesehatan. Supaya di monitor,” ujarnya.

Ditanya soal monitoring yang dimaksud, Ahmad menyampaikan tentang beberapa hal. Mulai dari kunjungan bidan desa ke rumah ibu hamil, pemeriksaan rutin, dan tindakan langsung ke rumah sakit.

“Ketika nantinya harus ada penangan ke rumah sakit, langsung kami rujuk ke rumah sakit. Kami dari puskesmas sebatas menjembatani,” katanya.

Lebih lanjut, menurut Ahmad peran serta warga harus aktif jika ada tetangga yang hamil.

“Warga juga harus aktif memberitahu kami. Kebetulan kami kan wilayahnya mencakup delapan desa. Ketika nantinya ada apa-apa bisa melapor ke kami. Dan yang terpenting protokol kesehatan tetap diterapkan,” imbuhnya.

Seperti diketahui, wilayah Puskesmas Jati meliputi delapan desa. Mulai dari Ploso, Jetis Kapuan, Loram Kulon, Pasuruhan Kidul, Tanjungkarang,  Jati Kulon, Pasuruhan Lor, dan Jati Wetan.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...