Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Muncul Nama-Nama Beken dari Luar di Bursa Ketum, PPP Kudus Ingin yang Nasabnya Baik

MURIANEWS, Kudus – Sejumlah nama-nama besar bermunculan dalam bursa kandidat ketua umum (ketum) di Muktamar Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang rencananya bakal dihelat akhir Desember 2020 mendatang.

Mulai dari Sandiaga Uno, Khofifah Indar Parawangsa, hingga Saifulah Yusuf. Munculnya nama-nama yang berasal dari luar lingkaran PPP pun mulai menuai reaksi dari kalangan kader akar rumput. Tak terkecuali DPC PPP Kudus.

Ketua DPC PPP Kudus H Ulwan Hakim menilai banyak kader dari internal partai yang secara kualitas dan nasa’nya  jauh lebih layak dari tokoh-tokoh eksternal tersebut.

“Memang nama-nama tokoh eksternal tersebut muncul, tapi tentu harus ada syarat-syarat yang dipenuhi jika berkeinginan maju dalam bursa kandidat ketum PPP,” kata Ulwan, Jumat (30/10/2020).

Ulwan mengatakan, majunya kandidat dari eksternal tersebut memang masih dalam tahap wacana. Hal tersebut dikarenakan sesuai AD/ART, calon ketua umum PPP adalah mereka yang pernah menjadi pengurus PPP di tingkat DPP atau DPW ‎minimal satu periode.

“Jadi apabila ada tokoh eksternal maju dalam bursa, tentu harus ada kesepakatan oleh muktamirin untuk mengubah AD/ART dulu,” kata dia.

Oleh karenanya, pihak DPC PPP Kabupaten Kudus bersama sejumlah DPC lain di wilayah Jawa Tengah pun lebih menginginkan agar kader internal sendiri yang maju sebagai kandidat ketua umum.

Sejumlah nama juga dinilai sangat layak untuk menjadi nahkoda PPP selama satu periode ke depan. “Ya seperti Gus Aang (KH Arwani Thomafi)  dan Gus Yasin (KH Taj Yasin Maemoen), ” ujarnya.

Alasannya, lanjut Ulwan, adalah dua tokoh tersebut, di kalangan pengurus DPC yang ada  Jateng, dinilai memiliki kualitas yang cukup baik. Seperti Gus Aang, cukup lama malang melintang di dunia politik dengan duduk sebagai anggota DPR RI selama tiga periode ini.

Begitu pula dengan Gus Yasin yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Tengah. Secara kualitas, keduanya dinilai cukup mumpuni untuk memimpin partai berlambang kabah tersebut.

“Dan yang lebih penting lagi, beliau berdua juga memiliki nasab yang baik. Gus Aang adalah putra dari KH Thoifoer dan Gus Yasin adalah putera dari KH Maemoen Zubair, yang mana merupakan tokoh-tokoh yang berjasa dengan PPP,”tandas Ulwan.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...