Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Telusuri Industri Mikro Kecil Terdampak Pandemi, BPS Kudus Akan Gelar Survei

MURIANEWS, Kudus – Badan Pusat Statistik (BPS) Kudus berencana melakukan survei ke 256 industri mikro kecil (IMK) awal November 2020 mendatang. Survei itu untuk mendata IMK yang terdampak adanya pandemi corona.

Data yang didapat nantinya akan diserahkan ke BPS pusat dan diserahkan ke Plt Bupati Kudus HM Hartopo sebagai bahan pertimbangan mengambil kebijakan.

Survei IMK yang dimaksud yakni industri yang memiliki tenaga kerja kurang dari 20 orang.

“Bisa UMKM, bisa perajin, atau industri lainnya yang memiliki tenaga kerja di bawah 20 orang,” kata Kepala BPS Kudus, Rahmadi Agus Santosa.

Menurut dia, IMK layak disurvei lantaran IMK menunjang perekonomian daerah. “Di masa pandemi ini, rata-rata mereka terdampak,” sambungnya.

Nantinya, data yang di dapat dari hasil survei ke 256 industri mikro ini, akan menjadi bahan BPS serta menjadi pertimbangan pemerintah dalam mengambil kebijakan.

“Dengan adanya survei ini kami ingi tahu dampak pandemi pada Industri mikro kecil. Baik produksinya, asetnya, dan penanganan tenaga kerjanya mengingat banyak pekerja yang di PHK dan di rumahkan,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...