Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pati Hujan Lebat, BPBD Imbau Warga Waspada Longsor

MURIANEWS, Pati – Hujan lebat disertai angin kencang mengguyur wilayah pegunungan Pati. Masyarakat diminta tetap waspada adanya longssor.

Kepala BPBD Pati Martinus Budi mengatakan, hujan mulai terun sejak pukul 05.30 WIB. Dari laporan yang diterimanya, hujan disertai angin kencang mendera di wilayah Kecamatan Gembong, Tlogowungu dan Gunungwungkal.

“Karena itu, kami mengimbau kepada masyarakat yang berada di tiga kecamatan itu untuk waspada tanah longsor. Karena wilayahnya pegunungan,” terangnya, Jumat (30/10/2020).

Dari catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan masih akan terus mengguyur wilayah Pati hingga sore nanti. Sehingga, kewaspadaan harus tetap diutamakan.

“Kewaspadaan tidak hanya bagi masyarakat yang berada di wilayah pegunungan, di perkotaan juga demikian. Apalagi wilayah perkotaan ini rawan banjir,” ucapnya.

Martinus menambahkan, pada dasarnya sudah ada pemetaan wilayah rawan bencana, baik banjir, longsor maupun puting beliung. Kecamatan yang tergolong mempunyai indeks resiko tinggi terharap bencana banjir, seperti di Kecamatan Juwana, Batangan, Kajenan, Gabus, Pati, dan Sukolilo.

Sementara kecamatan yang mempunyai resiko sedang terhadap bencana banjir adalah di Kecamatan Tambakromo, Winong, Pucakwangi, Wedarijaksa, Margorejo, Tayu, dan Trangkil.

Untuk wilayah yang rawan tanah longsor tinggi berada di Kecamatan Gembong, Tlogowungu, Gunungwungkal, Dukuhseti, Sukolilo, dan Jaken.

“Kami harap masyarakat waspada terhadap bencana ini. Terutama untuk yang banjir dan tanah longsor. Sebab, ini sudah memasuki musim penghujan,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...