Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Libur Panjang, Pengelola Wisata di Jepara Diminta Terapkan Protokol Kesehatan

MURIANEWS, Jepara – Libur panjang sebagai bagian dari cuti bersama yang ditetapkan pemerintah membuat sejumlah destinasi wisata di Jepara ramai. Di sejumlah pantai, masyarakat banyak yang datang berkunjung untuk menikmati liburan.

Bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhamad S.A.W., Kamis (29/10/2020) merupakan awal cuti bersama yang ditetapkan pemerintah. Kesempatan ini digunakan oleh warga Jepara untuk berlibur.

Di sejumlah pantai di Jepara, pengunjung banyak yang datang. Mereka ada yang sekedar melihat pemandangan sambil menikmati jajanan yang diual warga atau mandi air laut. Sebagian lagi ada yang sengaja melakukan olahraga bersepeda dengan menjadikan kawasan pantai sebagai tempat beristirahat.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Jepara, Zamroni Liztiaza menegaskan, secara resmi objek wisata di Jepara belum dibuka. Namun untuk destinasi wisata yang dikelola oleh Pemerintah Desa pihaknya tidak bisa memastikan.

Meski sudah diminta tutup, pada kenyataannya masih saja ada yang datang berkunjung. Karena itu pihaknya berharap, dalam situasi pandemi saat ini penerapan protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan dengan disiplin tinggi.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MURIANEWS (@murianewscom) on

“Kami belum membuka pariwisata di wilayah kabupaten Jepara. Belum ada relomendasi dari Pemerintah Privinsi Jawa Tengah. Kecuali, Karimunjawa yang sudah dibuka dengan batasan-batasan yang sudah ditetapkan. Namun demikian untuk destinasi yang dikelola desa kadang-kadang sulit diantisipasi. Penerapan protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan,” ujar Zamroni Listiaza, Kamis (29/10/2020).

Sementara itu, Manajer Obyek Wisata Pantai Kartini Jepara, Joko Wahyu Sutejo menyatakan pihaknya belum membuka secara resmi kawasan Pantai Kartini Jepara. Namun demikian bertepatan dengan libur nasional ini pihaknya diminta untuk melakukan simulasi penerapan protokol kesehatan. Sehingga secara terbatas Pantai Kartini sempat dibuka untuk melaksanakan kegiatan ini.

Sebagai bagian dari persiapan dibukanya kembali kawasan pariwisata Jepara, Pemkab Jepara memang sudah beberapa kali menggelar kegiatan simulasi penerapan protokol kesehatan di bidang pariwisata. Beberapa waktu sebelumnya kegiatan yang sama digelar di Pantai Bandengan Jepara.

Seperti halnya kegiatan sebelumnya, simulasi di Pantai Kartini pada Kamis (29/10/2020) juga melibatkan sejumlah pihak. Masyarakat yang diberi kesempatan masuk harua menjalani prosedur protokok kesehatan.

“Memang belum dibuka secara resmi. Namun hari ini kami melaksanakan kegiatan simulasi penerapan protokol kesehatan. Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan new normal. Kami memberi kesempatan secara terbatas kepada masyarakat untuk berkunjung. Bagi kami pengelola juga berlatih dalam penerapan protokol kesehatan di obyek wisata Pantai Kartini. Nanti akan ada evaluasi juga,” ujar Joko Wahyu Sutedjo, secara tepisah, Kamis (29/10/2020).

Terpisah, Kepala Satpol PP Jepara, Abdul Syukur menegaskan pihaknya akan meningkatkan patroli penerapan protokol kesehatan. Libur panjang yang berlangsung menurutnya berpotensi menimbulkan dampak penularan covid jika penerapan protokol kesehatan tidak dilakukan secara maksimal.

Liburan kali ini tidak menutup kemungkinan akan banyak menimbulkan kerumunan di masyarakat. Karena itu pihaknya akan lebih intens di dalam melakukan pengawasan melalui kegiatan patroli.

“Kami tetap akan konsen terkait dengan penerapan protokol kesehatan. Liburan kali ini kemungkinan besar akan ada banyak kerumunan di area publik. Kami tetap akan melakukan patroli. Masyarakat tetap harus menerapkan protokol kesehatan,” ujar Abdul Syukur.

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...