Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Beasiswa Komunitas Kresek 2021 Kembali Dibuka, Ini Kriterianya

MURIANEWS, Kudus – Komunitas Kresek yang bergerak terhadap kepedulian di bidang lingkungan saat ini sedang melakukan pendaftaran bagi siswa SMA yang ingin mendapatkan beasiswa dan pelatihan.

Ketua Komunitas Kresek Faesal Adam saat ditemui MURIANEWS, Rabu (28/10/2020) menjelaskan kriteria peraih beasiswa dan pelatihan soft skill dari Komunitas Kresek.

“Kami itu sebenarnya bukan mencari yang kurang mampu atau pintar. Melainkan siswa SMA sederajat yang mau menjadi agen lingkungan,” katanya.

Nantinya beasiswa dan pelatihan itu berlangsung selama satu tahun. Untuk pelatihannya dilakukan satu bulan sekali.

“Ada pelatihan tatap muka juga. Pelatihan soft skillnya meliputi public speaking, pelatihan daur ulang, info kuliah, dan cara menulis. Kami juga ada seminar,” ujar dia.

Menurutnya, nantinya siswa yang meraih beasiswa harus menjadi agen lingkungan di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitarnya.

Ditanya soal alumni peraih beasiswa dari Komunitas Kresek, Faesal Adam menyebutkan beberapa torehan prestasi yang sudah pernah diraih oleh penerima beasiswa.

“Ada adik-adik kami yang meraih juara dua dan tiga tahun ini kategori lomba vlog dengan tema lingkungan. Penyelenggaraannya di Malang. Terus ada juga yang juara tiga lomba puisi di UMK 2020 ini,” jelas dia.

Baca: Komunitas Kresek Kudus, Sampah Diubah Jadi Beasiswa Sekolah

Nominal beasiswa yang diberikan yakni sebesar Rp 2 juta. Rinciannya Rp 1,2 juta dalam bentuk uang tunai, sedangkan Rp 800 ribu dalam bentuk pelatihan soft skill.

Faesal Adam berharap peraih beasiswa tidak hanya mengincar beasiswanya saja. Tetapi harus punya wawasan lebih ke arah soft skill.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...