Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Turun di Terminal Pati, Siap-Siap Langsung Dirapid Test

MURIANEWS, Pati – Para penumpang Bus Antar-Kota Antar-Provinsi (AKAP) yang turun di Terminal Kembang Joyo Pati bakal di-rapid test secara acak. Pemeriksaan akan dilakukan oleh petugas kesehatan dari Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) dan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati.

Kepala Seksi Pelayanan Balkesmas Wilayah Pati Purwati mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk mengantisipasi penyebaran virus corona pada masa libur panjang ini.

“Seluruh Balkesmas di Jawa Tengah diminta melaksanakan rapid test acak seperti ini. Sasarannya ialah pengunjung yang masuk ke Pati. Untuk biayanya gratis,” ungkapnya, Rabu (28/10/2020).

Sementara dari Balkesmas Lilik Dwi Hananta mengatakan, kegiatan tersebut akan rutin dilakukan selama libur panjang. Kemudian bagi pihak dishub juga diminta agar proaktif untuk mengarahkan penumpang ke petugas kesehatan.

Dengan begitu, para penumpang tidak langsung pulang, tetapi harus rapid test terlebih dahulu.

“Karena ini kan terminal, jadi penumpang yang keluar dari Bus harus diarahkan. Sehingga mereka dapat diketahui reaktif atau tidaknya setelah di-rapid test,” terangnya.

Sampai pada pukul 11.30 WIB, tercatat ada sebanyak 31 penumpang Bus AKAP yang sudah melakukan rapid test. Dari jumlah tersebut, dua di antaranya dinyatakan reaktif.

“Penumpang yang hasil tesnya reaktif, akan diberi motivasi dan edukasi agar melakukan isolasi mandiri di rumah. Selain itu akan kami tindaklanjuti dengan PCR Swab,” ucapnya.

Sekretaris Dishub Pati Indri Nugraheni mengatakan, kegiatan tes cepat acak ini merupakan perintah dari gubernur yang direspon langsung oleh Bupati Haryanto.

“Kami lakukan random sampling dari pukul 08.30 sampai 12.00. Karena sifatnya sampling, dari Balkesmas menyediakan antara 50-100 (alat rapid test) per hari,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...