Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puslat PSSI Kudus Mulai Jaring Pemain, Diarahkan untuk Porprov dan Persiku Junior

MURIANEWS, Kudus – Askab PSSI Kabupaten Kudus akhirnya membentuk Pusat Latihan (Puslat) PSSI Kudus guna menjaga kesinambungan pembinaan. Penjaringan pemain pengisi puslat pun dilakukan mulai Selasa (27/10/2020) hingga lima hari ke depan.

Manajer Puslat PSSI Kudus Didik Purwoko mengatakan, akan ada sebanyak 36 peserta dari tiga kelompok usia yang akan mengisi puslat. Yakni usia kelahiran 2002, 2003, dan 2004. Masing-masingnya akan berisi 12 pemain.

“Untuk saat ini yang terdaftar mengikuti seleksi ada sekitar seratus lebih,” katanya di sela seleksi, Selasa sore.

Pesertanya sendiri, kata dia, berasal dari seluruh persatuan sepak bola di Kudus. Masing-masing tidak dibatasi mengirim berapa pemain. “Yang terpenting dia mau berkembang,” ujarnya.

Pihaknya merekrut legenda Persiku Bambang Harsoyo sebagai pelatih untuk menukangi tim ini. “Untuk pelatih, kami menunjuk Bambang Harsoyo karena beliau merupakan pemain yang menjadi legenda hidup bagi Persiku,”ujar Didik.

Soal arah Puslat, Didik mengatakan para pemain akan dipersiapkan untuk gelaran Piala Soeratin ataupun gelaran Porprov 2022 mendatang.

“Yang terpenting di sini adalah pembinaan, mereka bisa diarahkan ke mana saja nanti, jangka panjangnya bisa ke Persiku Senior juga,” kata dia.

Secara keseluruhan sendiri, kualitas pemain dirasa memang masih rata-rata. Namun pihaknya percaya apabila telah dipoles oleh racikan tim pelatih, para pemain bisa meningkatkan kemampuan.

Sementara Ketua Askab PSSI Kudus Sutrisno mengatakan, Puslat tersebut merupakan langkah strategis untuk menjaga proses pembinaan.

Terlebih saat pandemi Covid-19, sejumlah program usia dini yang direncanakan seperti Persiku Junior, akhirnya tidak bisa dibentuk lantaran tidak ada kejelasan kompetisi.

Pihaknya pun berharap, puslat ini nantinya akan menjadi bank pemain muda bagi Kudus. Mengingat Puslat akan dilakukan secara berkesinambungan. Dengan terus mengedepankan penjaringan bibit pemain muda berbakat.

“Ini kawah candradimukanya para pemain muda di Kudus. Selepas dari Puslat ini, nanti pemain bisa direkrut untuk Persiku Senior, Persiku Junior atau tim Porprov,”tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...