Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Jepara Umumkan Update DPB Periode Oktober 2020 

MURIANEWS, Jepara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara kembali melakukan update jumlah pemilih di Kabupaten Jepara, untuk bulan Oktober 2020. Update jumlah pemilih ini merupakan bagian dari Program Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) yang dilaksanakan KPU Jepara.

Pada update periode DPB Oktober 2020, KPU Jepara mencatat ada 877.328 pemilih. Hasil ini diumumpkan setelah KPU Jepara menggelar Rapat Pleno terbuka secara daring, Selasa (27/10/2020).

Ketua KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri, menyatakan pihaknya siap memfasilitasi adanya laporan mengenai pemilih baru. Warga yang sudah berusia 17 tahun bisa melaporkan dirinya sebagai calon pemilih baru ke KPU Jepara.

Selanjutnta KPU Jepara akan memfasilitasi laporan dengan memverifikasi kelengkapan syarat untuk dimasukkan ke dalam daftar pemilih baru.

Pada periode Oktober 2020, KPU Jepara mencatat ada 221 pemilih baru, yang terdiri atas 99 laki-laki dan 122 perempuan. Pemilih baru itu masuk dalam daftar pemilih berkelanjutan (DPB) periode Oktober yang jumlah keseluruhannya 877.328 pemilih. Jumlah ini ditetapkan dalam rapat pleno terbuka secara daring.

Dalam Rapat Pleno ini juga diikuti Ketua Bawaslu Kabupaten Jepara Sujiantoko, serta perwakilan partai politik, Kodim dan Polres Jepara serta Disdukcapil Kabupaten Jepara.

“Di tengah situasi pandemi covid saat ini, KPU tetap bersifat terbuka terhadap pelayanan publik yang dibutuhkan masyarakat. Termasuk dalam memberikan masukan-masukan terkait pemutakhiran data pemilih berkelanjutan,” katanya.

Ia menambahkan, KPU juga akan memberikan informasi-informasi perkembangannya ke pihak-pihak terkait, salah satunya ke partai politik. Karena itu pihaknya berharap jika ada kepengurusan baru di parpol, agar bisa segera berkomunikasi dan memberikan pemberitahuan.

Sementara itu, Komisione KPU Jepara  Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Muntoko menyatakan, elemen data pemilih baru itu menjadi bagian yang diteliti dan dimasukkan dalam pleno DPB periode Oktober.

”Warga, termasuk pelajar yang sudah berusia 17 tahun bisa melaporkan diri, dengan berkirim foto KTP, atau kalau belum punya bisa berkirim/membawa foto Kartu Keluarga (KK)-nya. Caranya, bisa datang langsung ke kantor KPU Jepara, atau bisa mengisi formulir secara daring melalui tautan https://bit.ly/updating_data_pemilih_jepara,” ungkapnya.

Setelah diisi, KPU akan menindaklanjutinya dengan melakukan verifikasi. Jika memang memenuhi syarat, maka akan segera dimasukan ke DPB. Selain pemilih baru, dalam pleno DPB juga mencoret pemilih kategori meninggal dunia sebanyak 340 orang. Sehingga jumlah DPB periode Oktober ini turun dibandingkan periode September yang berjumlah 877.447 pemilih.

“Dari hasil sinkornisasi yang dilakukan, jumlah DPB periode Oktober mengalami penurusan jumlah dibandingkan DPB pada periode Sepetember lampau. Pada September, jumlah DPB yang ada di Jepara mencapai 877.447 pemilih. Sementara untuk periode Oktober jumlah DPB mencapai 877.328 pemilih,” jelas Muntoko.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...