Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sisir Pelosok Jepara, Satpol PP Sita Ratusan Miras dan Rokok Ilegal

MURIANEWS, Jepara – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jepara kembali melakukan razia rokok tanpa cukai dan Minuman Keras (Miras) di bebera wilayah, Selasa (27/10/2020). Hasilnya, Satpol PP Jepara berhasil menyita sejumlah ratusan botol miras dan rokok illegal.

Kabid Penyidik dan Penyelidik Satpol PP Jepara Moh Abdul Muid menyatakan, pihaknya bersama 12 personel anggota Satpol PP Jepara dan perwakilan dari Bagian Perekonomian Setda Jepara melakukan operasi di sejumlah tempat.

Di antaranya di Pasar Tanggulasi Donorojo dan Pasar Keling. Hasilnya ada beberapa barang illegal yang tidak boleh diperdaganggkan, kedapatan tetap dijual. Pihaknya akhirnya melakukan penyitaan.

Di Pasar Tanggulasi, pihaknya tidak mendapatkan barang-barang illegal. Namun di sebuah toko di Desa Tulakan, pihaknya menemukan ratusan botol Miras dan rokok illegal yang tidak dilengkapi cukai.

Seorang warga Donorojo bahkan kembali harus berurusan dengan Satpol PP lantaran kedapatan kembali menjual Miras. Padahal sebelumnya, yang bersangkutan sudah pernah dirazia oleh Petugas Satpol PP.

Petugas Satpol PP Jepara memeriksa rokok yang dijual pedagang. (MURIANEWS/Budi Erje)

“Dari penjual di Tulakan, kami menyita ratusan botol Miras dari berbagai jenis. Penjualnya merupakan pemain lama. Sebelumnya sudah pernah kami tindak juga. Namun kenyataannya dia ini kembali membuka bisnis jual beli Miras lagi rupanya,” ujar Moh Abdul Muid, Selasa (27/10/2020).

Miras yang dijual, diketahui disimpan di sebuah ruangan di rumahnya yang berada tidak jauh dari tokonya. Para petugas Satpol PP berhasil menemukan Miras yang disimpan itu, setelah melakukan penggeledahan. Miras yang disita diantaranya Bir (5 botol),  anggur merah (24), beras kencur (7), anggur kolesom (10), new port (88), arak bali (48) dan ginseng (14).

Sedangkan di Pasar Keling, pihaknya berhasil menemukan ratusan bungkus rokok illegal tanpa cukai. Rokok illegal ini ditemukan di toko salah satu warga yang sudah tiga kali ini dirazia oleh Satpol PP. Rokok yang disita diantaranya bermerk Duren (189 bungkus), Street (33), L4 (112), Red Super (13) dan A.S Exclusif (74). Lainnya bermerk K5M (45), Matoa (19) dan Sthreet Hitam (61).

“Rokok dan Miras yang melanggar aturan kami sita. Sedangkan untuk pelakunya kami proses sesuai ketentuan. Untuk yang Miras akan dikenakan Tipiring, sedangkan yang rokok illegal akan ditangani oleh pihak Bea Cukai Kudus,” jelas Moh Abdul Muid.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...