Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Aman! Stok Pupuk Bersubsidi di Pati Masih 5.898 Ton

MURIANEWS, Pati – Para petani di Kabupaten Pati diminta untuk tak resah terkait ketersediaan pupuk di Pati. Pasalnya, pupuk bersubsidi di Bumi Mina Tani saat ini masih tercukupi. Bahkan jumlahnya masih ribuan ton.

Plt Senior Sales Executive PT Pupuk Sriwidjaja Palembang Kabupaten Pati Dimas Putro Ariyanto mengatakan, untuk ketersediaan pupuk bersubsidi di Pati per hari ini total masih ada 5.898 ton.

“Di gudang pusri ada 4.732 ton, di gudang distributor 573 ton dan di gudang kios 593 ton,” katanya saat dikonfirmasi, Senin (26/10/2020).

Ariyanto menambahkan, untuk penebusan pupuk bersubsidi ini memang harus menggunakan kartu tani. Selain itu para petani dalam hal ini juga sudah masuk dalam sistem elektronik rencana definitif kebutuhan kelompok (e-RDKK).

Namun, lanjutnya, saat ini sudah ada relaksasi dari pemerintah, terkait petani yang belum mempunyai kartu tani. “Bagi petani yang belum punya atau kendala kartu tani namun sudah maauk dalam e-RDKK, bisa menebus manual,” terangnya.

Hanya saja, petani harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Selain itu juga harus tetap dicek, apakah sisa kuota E-RDKK atau tidak.

“Aturannya seperti itu. Yang tidak masuk e-RDKK tidak bisa mendapatkan pupuk bersubsidi,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...