Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Harga Bawang Merah di Pati Meroket, Tembus Rp 32 Ribu per Kilogram

MURIANEWS, Pati – Memasuki musim hujan, ternyata membuat sejumlah komoditas bumbu dapur mulai merangkak naik. Seperti halnya bawang merah, saat ini harganya sudah merajai pasaran.

Salah seorang pedagang bumbu di pasar Trangkil Santoso mengatakan, sepekan yang lalu harga bawang merah kualitas bagus Rp 23 ribu per kilogram. Tetapi saat ini harganya sudah naik menjadi Rp 32 ribu per kilogram.

“Harga tersebut merupakan harga jual dari pedagang, kalau dari petani, harganya lain lagi, bisa di bawah harga pasar,” katanya, Senin (26/10/2020).

Santoso menambahkan, untuk harga bawang merah dengan kualitas biasa atau kualitas sedang, harganya Rp 28 ribu per kilogram. Menurutnya, harga tersebut bisa saja bertambah apabila dilihat dari lonjakan sebelumnya.

“Kenaikan biasanya sedikit-sedikit, tapi kali ini nominalnya langsung banyak. Kemungkinan akan naik lagi,” terangnya.

Terpisah, salah seorang penjual sembako di pasar Rogowongso Pati Jasmi mengemukakan, kenaikan harga bawang merah itu tidak dibarengi dengan komoditas yang lain. Hanya, bawnag merah memang cukup besar kenaikannya.

Kendati demikian, permintaan pembeli pun tidak menyusut. Apalagi bawang merah ini masuk dalam kebutuhan pokok.

“Permintaan masih banyak. Dulu waktu harganya (bawang merah) mencapai Rp 50 ribu juga masih banyak yang membeli. Mungkin karena kebutuhan,” ungkapnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...