Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Operasi Zebra Candi di Pati Digabung dengan Yustisi Covid-19, Ini Pelanggaran yang Disasar

MURIANEWS, Pati – Polres Pati hari ini, Senin (26/10/2020) mulai menggelar operasi zebra candi. Sekalipun operasi tersebut dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, tetapi di Bumi Mina Tani penyelenggarannya digabung dengan operasi yustisi Covid-19.

Hal ini selain dapat menjaga ketertiban lalu lintas sekaligus mengajak masyarakat untuk menaati protokol kesehatan. Operasi pun akan dilakukan selama dua pekan.

Kasat Lantas Polres Pati AKP Sarwoko mengatakan, memang dalam pelaksanannya digabung dengan operasi Yustisi. Untuk hari ini, operasi dilakukan di Juwana.

“Operasi kami gabung selain memeriksa kelengkapan surat, pengendara yang tidak memakai masker juga kami imbau untuk menggunakan masker,” katanya.

Dalam operasi zebra candi ini tidak hanya menyasar pengguna kendadaraan roda dua tetapi juga roda empat. Untuk roda dua sendiri, Lantas menekankan beberapa prioritas pelanggaran, di antaranya penggunaaan helm, melawan arus, garis marka, berkendara di bawah umur, knalpot brong, hingga rambu lalu lintas.

Sementara untuk roda empat sendiri, penggunaan safety belt dan parkir di bahu jalan menjadi prioritas polisi untuk menindak. Selain itu, marka jalan, kecepatan pengendara dan pengunakan alkohol.

“Berkendara di bawah umur dan pengendara roda empat yang menggunakan muatan di luar kapasitas juga menjadi perhatian penindakan kami,” terangnya.

Sementara untuk operasi Yuatisi sendiri lebih pada imbauan kepada pengguna jalan. Sehingga untuk penindakannya akan dititik beratkan pada pelanggaran lalulintas.

“Karena ini kan masih masa pandemi, selain kita harus menjaga kesehataan dan menaati protokol kesehatan, penting juga untuk berkendara dengan tertib,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...