Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Libur Panjang di Jateng, Akan Ada Tes Covid Acak di Jalanan dan Tempat Wisata

MURIANEWS, Semarang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah akan melakukan pengawasan ketat selama libur panjang akhir Oktober 2020 mendatang. Upaya untuk mencegah agar penyebaran corona tak meluas pun dilakukan, salah satunya dengan menggelar tes Covid-19 secara acak.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, tes acak ini akan dilakukan baik di jalanan maupun tempat wisata. Mobil PCR pun akan dikerahkan untuk mendukungnya.

”Tim medis dan disuport kepolisian yang akan mengatur lalu lintas. Kita akan melakukan random test, PCR mobil kita siapkan. Tempat wisata juga sama,” katanya, Senin (26/10/2020).

Hal ini dikatakan Ganjar usai apel kesiapsiagaan bencana hedrometeorologis di halaman Kantor Gubernur Jateng, Senin (26/10/2020). Apel ini digelar untuk mengantisipasi dan menangani bencana sekaligus menghadapi libur panjang 28 Oktober-1 November 2020.

“Hari ini bukan hanya apel untuk kesiapsiagaan bencana saja, tapi kita gabung untuk menyambut libur panjang,” ujar Ganjar.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MURIANEWS (@murianewscom) on

Ganjar memastikan bahwa pihaknya akan proaktif dengan memulai mengolah data prediksi dari BMKG, membuat peta bencana, termasuk infrastruktur. Informasi tersebut kemudian disebarluaskan supaya masyarakat dapat mempersiapkan diri dan mengantisipasi lebih awal.

“Kita proaktif supaya masyarakat kalau lewat jalan aman. Kalau ada potensi banjir dan longsor kita ingatkan,” paparnya.

Selain jalan dan tempat wisata, pengelola hotel juga diwajibkan memperhatikan protokol kesehatan.

Ganjar juga meminta Tim Gabungan Kesiapsiagaan Bencana untuk melakukan simulasi penanganan pengungsi. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penularan Covid-19 klaster pengungsian.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan, pihaknya siap bekerja ekstra dalam tim kesiapsiagaan bencana tahun ini. Terkait libur panjang dan tes Covid-19 di tempat wisata, pihaknya mengaku sudah siap.

“Kami akan lakukan tes secara sampling. Kalau hasil rapid test reaktif kita akan  (lakukan) tes swab,” tandasnya.

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...