Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bantu Pembelajaran Jarak Jauh, PWI Pati Buka Rumah Belajar Daring

MURIANEWS, Pati – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pati membuka rumah belajar daring di Desa Soko, Kecamatan Gabus. Hal ini untuk membantu pelajar setempat yang masih kesulitan untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) menggunakan internet.

Peluncuran Rumah Daring yang bekerja sama dengan komunitas Bala Ngopi Emperen itu digelar, Minggu (25/10/2020). Rumah Daring memberi fasilitas koneksi internet (WiFi) gratis bagi anak-anak di lingkungan RT 7 RW 2 Desa Soko dan sekitarnya.

“Di daerah kami masih banyak anak-anak yang kesulitan membeli kuota data internet karena tidak mampu. Fasilitas internet gratis ini sangat membantu dan bermanfaat,” ujar tokoh masyarakat setempat Bahman.

Dia menjelaskan, setiap hari anak-anak setidaknya membutuhkan sambungan internet antara 2-3 jam untuk mengikuti pembelajaran sekolah yang masih berlangsung dari rumah.

Ketua PWI Pati Moch Noor Efendi saat memantau aktivitas para pelajar. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

Koneksi internet digunakan untuk menyimak materi dan mengirim tugas yang diberikan guru melalui sejumlah platform pembelajaran daring maupun grup percakapan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MURIANEWS (@murianewscom) on

Rumah Belajar Daring menempati bekas gudang milik warga setempat, Qosim. Selain WiFi gratis, sejumlah guru siap mendampingi anak-anak.

Ketua PWI Pati Moch Noor Efendi mengemukakan, Rumah Belajar Daring Desa Soko dibuka dan dikelola bersama dengan komunitas Bala Ngopi Emperan dan warga sekitar. Fasilitas tersebut dibuka sejak pagi hingga pukul 21.00 WIB dengan penerapan protokol kesehatan.

“Fasilitas WiFi hanya untuk kebutuhan belajar. Anak-anak juga harus menerapkan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak,” katanya.

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...