Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Anggota Damkar Grobogan Dilatih Cara Evakuasi Ular Secara Aman

MURIANEWS, Grobogan – Sekitar 20 anggota Damkar Satpol PP Grobogan mendapat pelatihan cara mengevakuasi ular dengan aman, Sabtu (24/10/2020). Pelatihan tersebut diberikan oleh tim gabungan dari Snake Rescue Boyolali dan Magelang.

Kepala Satpol PP Grobogan Nur Nawanta mengatakan, pihaknya sengaja memberikan pelatihan guna meningkatkan pengetahuan dan teknik mengevakuasi ular yang benar dan aman.

Dengan adanya pelatihan ini, para anggota damkar bisa meminimalkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Baik yang menimpa anggota maupun masyarakat di sekitar lokasi penyelamatan atau evakuasi ular.

“Seperti diketahui, akhir-akhir ini sudah banyak permintaan masyarakat untuk mengevakuasi ular yang ada di perkampungan. Selama ini, sudah berjalan cukup baik. Meski demikian, para anggota damkar perlu ditambah pengetahuannya karena jenis ular itu ada banyak macamnya,” kata Nur Nawanta yang ikut hadir dalam pelatihan tersebut.

Dalam kesempatan itu, para anggota damkar mendapat banyak materi pelatihan. Misalnya, tentang jenis ular yang berbisa maupun tidak, serta seperti apa karakternya.

Kemudian, juga diberikan tips cara mengamankan ular, analisa medan, memindahkan ular hingga mengecek kondisi ular yang berhasil diamankan.

“Materi pelatihannya tadi cukup banyak. Ada teori dan praktiknya. Jadi, ada banyak pengetahuan yang didapatkan dan tentu saja sangat bermanfaat dalam pelaksanaan tugas di lapangan,” jelas mantan Camat Grobogan itu.

Ia menambahkan, fungsi utama dalam bidang damkar memang berkaitan dengan pemadaman kebakaran. Namun, penanganan hewan liar, seperti ular dan tawan ndas juga menjadi tupoksi lainnya dalam bidang damkar.

“Jadi, masyarakat yang butuh penanganan terkait ular atau tawon ndas bisa menghungi kami,” imbuhnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...