Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bibit Atlet Anggar Nomor Floret di Kudus Melimpah, Sabel Sulit Dicari

MURIANEWS, Kudus – Nomor tanding floret di cabang olahraga anggar di Kabupaten Kudus disebut memiliki banyak bibit atlet muda. Sedangkan di nomor sabel jumlah bibit potensialnya tak lebih dari sepuluh atlet. Penyebabnya lantaran nomor tanding sabel lebih kompleks.

Pembibitan atlet anggar terus dilakukan setiap tahunnya oleh Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Kudus. Dari tiga nomor cabang olahraga anggar yang terdiri dari nomor floret, sabel, dan degen, nomor floret paling banyak memiliki bibit atlet. Sedangkan atlet di nomor sabel paling sulit dicari.

Ketua Pengkab IKASI Kudus Wahyudi Utomo mengatakan untuk nomor floret terbilang dasar. “Nomor floret bisa dibilang basic. Semua atlet biasanya dari floret dulu. Setelah itu penjurusan ke sabel atau degen,”katanya kepada MURIANEWS, Sabtu (23/10/2020).

Menurut Wahyudi, sulitnya mencari bibit atlet di nomor sabel lantaran di nomor tersebut terbilang kompleks.

“Kalau di sabel butuh spesialisasi khusus karena bentuk pedang yang sedikit berbeda, cara menggunakan pedang, dan penghitungan poin yang juga berbeda,” sambungnya.

Kendati sulit mencari bibit atlet di nomor sabel, Wahyudi tetap melakukan pembibitan bagi atlet anggar. Itu dilakukan di beberapa SD dan SMP di Kota Kretek.

Untuk tingkat SD, Wahyudi mencari di MI Muhammadiyah 2 Kudus. Sedangkan untuk atlet anggar SMP dicari di SMP Muhammadiyah 1 Kudus. “Kami terus cari setiap tahunnya di sekolah-sekolah di Kudus. Lewat ekstrakurikuler,” terang dia.

Wahyudi berharap prestasi atlet anggar setiap tahunnya dapat terus meningkat.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...