Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Polda Jateng Ringkus Pembunuh Perempuan Terbakar di Dalam Mobil, Motifnya Kesal Utangnya Ditagih

MURIANEWS, Sukoharjo – Polda Jateng berhasil meringkus pelaku pembunuhan dan pembakar Yulia (42) warga Pasar Kliwon, Solo, di dalam mobil Xenia di Dukuh Cendana Baru, Desa Sugihan, Bendosari.

Pelaku diketahui berinisial EP (30), warga Desa Puhgogor, Bendosari. Ia ditangkap di rumahnya pada Rabu (21/10/2020) dini hari pukul 03.00 WIB.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, penangkapan pelaku memang tak butuh lama. Dalam 1×24 jam, pelaku berhasil diamankan untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Baca: Perempuan Terbakar di Dalam Mobil Korban Pembunuhan, Polisi: Identitas Pelaku Sudah di Kantong

Cepatnya penangkapan tersebut juga berkat olah tempat kejadian perkara (TKP) dan barang bukti di TKP serta barang bukti lainnya.

“Jadi barang korban berupa handphone dicek oleh petugas. Di situ ada chat (pesan) pada anak korban yang mengatakan korban akan bertemu dengan pelaku pada hari Senin (19/10/2020). Dari chat itu akhirnya petugas melakukan pengembangan dan akhirnya berhasil mengamankan pelaku,” katanya dalam siaran pers, Jumat (23/10/2020).

Sementara, terkait motif pelaku membunuh korban, lantaran pelaku kesal utangnya yang mencapai Rp 145 juta ditagih. “Kalau perkembangan terakhir (utang) sampai Rp 145 juta. Posisi korban menagih,” ujarnya.

Baca: Geger! Perempuan di Sukoharjo Tewas Terbakar di Dalam Mobil

Kapolda menjelaskan, korban dan pelaku memang sempat terlibat hubungan bisnis. Keduanya menjalin hubungan bisnis ayam ras dan ayam super.

“Dari keterangan pelaku, lokasi pembunuhannya di kandang ayam, karena itu (ayam) objek bisnisnya. Korban dipukul pakai linggis namun tak langsung meninggal,” ujarnya.

Saat itu, lanjut Kapolda, pelaku memaksa korban untuk memberitahukan pin ATM-nya. Pelaku juga sempat mengambil uang korban Rp 8 juta melalui ATM di hari yang sama sebelum meninggal.

Baca: Tewas Terlentang di Jok Belakang, Perempuan Terbakar di Dalam Mobil Korban Pembunuhan?

“Uang yang dibawa juga diambil. Cash Rp 8 juta, ATM Rp 15 juta. Dua ATM,” katanya.

Untuk meninggalkan jejak, korban dengan mobil miliknya dibakar pelaku di halaman toko bangunan di Dukuh Cendono Baru RT 004, RW 007, Desa Sugihan, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Atas perbuatan tersebut, pelaku dijerat Pasal 340 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Pembunuhan Berencana dan atau Pasal 187 KUHP tentang Pembakaran dengan ancaman hukuman pidana mati atau seumur hidup.

 

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...