Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Disdikbud Akui Pati Belum Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka, Ini Alasannya

MURIANEWS, Pati – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati Winarto mengaku belum siapa apabila proses pendidikan dilakukan dengam sistem luring atau tatap muka. Hal itu dengan mempertimbangkan kondisi pandemi di Bumi Mina Tani yang masih berstatus sebagai zona merah.

“Resikonya besar (kalau melakukam pembelajaran tatap muka). Apalagi di Pati ini guru yang positif covid juga banyak, kami tidak mau mengambil resiko itu,” katanya.

Dia menambahkan, untuk pembelajaran tatap muka di masa new normal ini memang sudah diperbolehkan oleh Kemendikbud. Tatapi, dengan syarat harus daerah yang berstatus zona hijau. Selain itu juga protokol kesehatan harus diterapkan secara ketat.

Kemudian dalam proses pembelajaran, meskipun tatap muka harus ada peprogaman ulang seperti pembatasan jam belajar dan kapasitas ruangan untuk belajar. Menurutnya, hal ini membutuhkan waktu cukup banyak dan performa tenaga pendidik yang kuat.

“Kami sudah pikirkan itu, bahkan konsepnya juga sudah ada. Tetapi karena Pati ini masih zona merah, kami tetap melakukan pembelajaran daring sesuai arahan dari Kemendikbud,” ungkapnya.

Dari hasil evaluasi yang dilakukan, memang ada banyak kendala yang ditemui di lapangan saat pembelajaran dengan sistem daring. Hanya, kendala itu sudah bisa diselesaikan dengan sendirinya.

“Kendala ini tergantung di masing-masing wilayah. Ada yang sinyalnya jelek, pembelajaran menggunakan SMS. Ada juga yang sudah menggunakan google class room dan aplikasi pembelajaran komtempor lainnya. Yang penting saat ini, para siswa masih tetap belajar,” ujarnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...