Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Duh, 60 Persen Indomart dan Alfamart di Pati Belum Perbarui Izin

MURIANEWS, Pati – Sebanyak 60 persen toko swalayan berjejaring yakni Indomart dan Alfamart di Pati diketahui belum memperbarui izin. Padahal, ketentuan perpanjangan izin sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2019 tentang Penataan Pasar Rakyat dan Toko Swalayan.

Perda tersebut juga menjelaskan, semua toko swalayan termasuk Indomaret dan Alfamart yang sudah berdiri sebelum perda itu diundangkan, wajib melakukan pembaharuan izin melalui Online Single Submission (0OSS).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pati Sugiono mengatakan, hingga saat ini baru sekitar 60 swalayan berjejaring yang sudah memperbarui izinnya melalui OSS. Sementara yang lainnya masih belum.

“Jumlahnya ada 138 Alfamart dan Indomart. Kami juga sudah menyosialisasikan terkait perpanjangan izin ini,” katanya, Kamis (22/10/2020).

Sugiono menambahkan, memang ada beberapa faktor bagi pelaku usaha yang belum melakukan perpanjangan izin. Mungkin karena izinnya masih berlaku, sehingga hal itu dijadikan patokan untuk tidak memperpanjang.

Padahal, untuk pembaharuan perizinan melalui OSS ini, lanjutnya, tidak membutuhkan waktu lama. Karena sistemnya online dan langsung terintegrasi dengan pusat.

“Kalau memnag kesulitan untuk melakukan pembaharuan, kami siap membantu. Yang penting ada kemauan dari pelaku usaha swalayan berjejaring ini untuk melakukan pembaharuan izinnya,” terang Sugiono.

Dirinya berharap agar pemilik Alfamart maupun Indomaret sadar diri untuk mengurus OSS. Sebab, sifatnya ini sangat penting dan semua perizinan saat ini sudah terintergasi.

“Para pemilik sudah kami kirimi surat untuk pembaharuan ini. Kami minta kesadarannya lah,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...