Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

15 Makam Orang Kalang Kembali Ditemukan di Bleboh Blora

MURIANEWS, Blora – Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora kembali menemukan Makam Orang Kalang di Desa Bleboh, Kecamatan Jiken, Blora. Ada 15 makam baru yang ditemukan.

Orang Kalang adalah kebudayaan kuno, yang penyebarannya ada di Bojonegoro, Blora, Pati dan sekitarnya.

Makam orang kalang ditandai dengan batu besar di atasnya. Di dalam makam itu terdapat barang bawaan jenazah yang dulu merupakan benda berharga. Maka rawan untuk dijarah.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Blora M. Solichan Mochtar mengatakan, 15 makam Orang Kalang baru ini ditemukan setelah adanya pengerusakan makam Orang Kalang di DesaTunjungan, Kecamatan Tunjungan, pada Juli 2020 lalu.

“Adanya kejadian itu kemudian kami melakukan pencarian Makam Orang Kalang di Desa Bleboh,” katanya, Kamis  (22/10/2020).

Solichan menjelaskan, dari pencarian itu kemudian ditemukan makam baru ini. Lokasi temuan baru ini, tak jauh dari lokasi delapan Makam Orang Kalang yang sudah ditemukan terlebih dahulu di Desa Bleboh.

”Jadi total ada 23 makam di lokasi yang sama di Desa Bleboh,’’ ujarnya.

Pihaknya mengaku lokasi ditemukannya makam baru ini berada dalam satu lokasi yang tak jauh, sebab lokasinya di wilayah Perhutani.

Ia berharap, semua pihak ikut melakukan pengawasan, sehingga tidak terjadi aksi penjarahan lagi seperti yang terjadi di Kecamatan Tunjungan.  “Maka nanti bisa menjadi objek wisata sejarah dan budaya,’’ jelasnya.

Kedepannya pihaknya berencana agar akses menuju lokasi makam Orang Kalang itu bisa dibangun dengan Dana Desa untuk mendukung menjadi objek wisata.

 

Kontributor: Priyo
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...