Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pimpinan Pondok Gontor KH Abdullah Syukri Tutup Usia, Ribuan Santri Antarkan Jenazah ke Pemakaman

MURIANEWS, Ponorogo – Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), KH Abdullah Syukri Zarkasyi tutup usia pada Rabu (21/10/2020) sekitar pukul 15.50 WIB. Ribuan pelayat dari kalangan santri dan warga datang silih berganti hingga prosesi pemakaman yang dilakukan Kamis (22/20/2020) hari ini.

Dikutip dari Detik.com, ribuan santri dan warga turut mengantarkan jenazah putra pertama pendiri Pondok Gontor, KH Imam Zarkasyi tersebut ke tempat peristirahatan terakhir.

Sekitar pukul 09.00 WIB, warga dan santri dipersilakan melakukan salat jenazah di Masjid Jami’ PMDG. Mereka melantunkan doa untuk KH Abdullah Syukri Zarkasyi memohonkan ampunan serta diterima amal ibadahnya sebelum dikebumikan di pemakaman keluarga PMGD.

Rektor UNIDA Gontor Prof. Amal Fathullah Zarkasyi mengatakan di bawah pimpinan KH Abdullah Syukri Zarkasyi, PMDG berkembang bukan hanya secara kuantitas namun juga kualitas.

“Kita semua merasakan hasil pendidikan beliau yang merupakan penggerak masyarakat,” terang Prof Amal kepada para pentakziah di depan rumah duka, Kamis (22/10/2020).

Para pelayat ikut mengantarkan jenazah KH Abdullah Syukri Zarkasyi. (detik.com/Foto Charoline Pebrianti)

Untuk diketahui KH Abdullah Syukri Zarkasyi wafat di usia 78 tahun. Selama hidupnya, kiai yang lahir di Gontor pada 19 September 1942 ini termasuk salah satu kiai yang produktif dalam membuat karya tulis.

Beberapa karya tulis dari Kiai Syukri antara lain Pokok-Pokok Pikiran untuk Perubahan Pendidikan NasionalRefleksi dan Rekonstruksi Pendidikan Islam: Model Pendidikan Pesantren Ala Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Kemudian Menggali Sumber Keuangan Madrasah : Strategi dan Teknik, Pengelolaan Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, Pengelolaan Pendidikan dan Pengajaran di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, Pola Pendidikan Pesantren Sebuah AlternatifStrategi dan Pola Manajemen Pendidikan Pesantren.

Ada pula buku berjudul Optimalisasi Peran Sektor Pendidikan dalam Pengembangan Ekonomi Islam di IndonesiaEtika Bisnis dalam Islam dan Relevansinya Bagi Aktivitas Bisnis di Dunia Pendidikan Pesantren : Studi Kasus Pondok Modern Darussalam GontorStrategi alternatif Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Modern Gontor.

Selain itu, dalam keterangan tertulis dari Pengurus Pondok Gontor, Kiai Syukri juga aktif di berbagai kegiatan keorganisasian sejak menjadi mahasiswa. Dia tercatat sebagai pengurus HMI cabang Ciputat Jakarta (1964) hingga Pengurus HPPI (Pelajar Islam) Kairo (1971).

Ia juga pernah menjadi pengurus PPI Den Hag Belanda (1975), Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ponorogo, Ketua Badan Silaturrahmi Pondok Pesantren Jawa Timur (1999-sekarang). Ia menjabat Pimpinan Pondok Modern Darusaalam Gontor (1985-sekarang), Ketua Forum Silaturrahmi Umat Islam Ponorogo (1999-sekarang), Ketua MP3A Depag (Mejelis Pertimbangan Pendidikan dan Pengajaran Agama (1999-sekarang), dan Dewan Penasihat MUI Pusat.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...