Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

City Walk Dipastikan Tak Akan Bikin Macet Jalan Sunan Kudus

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kudus mengklaim ketika city walk selesai dibangun, tidak akan mempersempit Jalan Sunan Kudus. Arus kendaraan diklaim tetap normal.

Kasi Tata Bangunan Dinas PUPR Kudus Muhammad Riza mengatakan, city walk hanya menggunakan sisi utara sepanjang 4,5 meter saja dari total lebar jalan 22 meter. Sementara untuk sisi selatan hanya mengganti kanstin (pembatas jalan) untuk pohon tabebuya.

“Tidak akan membuat Jalan Sunan Kudus menjadi crowded. Dari total lebar jalan 22 meter itu kami hanya memakai 4,5 meter untuk sebelah utara. Kalau bagian selatan hanya mengganti kanstin. Jadi menurut kami tidak bakal sempit,” katanya kepada MURIANEWS, Kamis (22/10/2020).

Dia justru memberi contoh kondisi saat sedang pembangunan seperti sekarang ini. Ia menyebut, meski pembangunan mengerahkan alat jalan kondisi arus lalu lintas tetap aman.

”Bisa dilihat juga saat ini selama proses pembangunan ada empat alat berat, ada material di badan-badan jalan, ada U-ditch juga, pengguna jalan masih bisa lewat. Sedangkan ketika city walk jadi, hanya 4,5 meter saja yang terpakai. Jadi jalan masih normal. Tidak sempit,” terang dia.

Baca: Apakah City Walk Kudus Bakal Seperti Malioboro? Ternyata Begini Konsepnya

Riza menambahkan, kondisi saat sebelum ada pembangunan city walk, dia justru menilai pedagang kaki lima (PKL) memakai bahu jalan selebar lima meter.

“Bisa berkaca juga pada sebelumnya. Saat masih ada PKL, itu ada PKL yang pakai bahu jalan sampai lima meter. Faktanya jalan masih normal. Nah, kami membangun city walk ini hanya memakai 4,5 meter. Artinya masih sama seperti yang sudah-sudah,” imbuhnya.

Seperti diketahui, city walk di Kudus memakan dibangun dengan anggaran Rp 14.323.706.000. City walk nantinya memiliki panjang 562 meter mulai dari Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus sampai ke Sungai Gelis.

Untuk lantainya menggunakan granit berukuran 30×30 sentimeter dengan ketebalan dua sentimeter.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...