Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Usia Lanjut Rentan Osteoporosis, Ini Penyebab dan Pencegahannya

MURIANEWS, Kudus – Hari Osteoporosis sedunia diperingati setiap tangggal 20 Oktober. Atau tepatnya sehari yang lalu. Osteoporosis rentan dialami oleh usia lanjut.

Biasanya dialami pada usia 50 tahun ke atas. Tapi tahukah Anda osteoporosis juga disebabkan beberapa hal oleh kebiasaan yang sering kita lakukan sehari-hari.

Menurut Direktur RS Aisyiyah Kudus dr Hilal Ariadi, ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya osteoporosis. Mulai dari kekurangan kalsium, kekurangan vitamin D, kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol, mengonsumsi kafein, kurang olahraga, dan faktor usia.

Pada paparan yang diberikan oleh Hilal Ariadi kepada MURIANEWS, Rabu (21/10/2020), osteoporosis salah satunya disebabkan lantaran kekurangan kalsium.

Menurutnya, ketika tubuh kekurangan kalsium, proses renovasi tidak berjalan sempurna. Akibatnya, massa tulang yang diharapkan terbentuk menjadi tidak sesuai.

Faktor lainnya yakni karena kandungan nikotin dalam rokok dapat merapuhkan tulang sehingga mudah keropos.

Selain itu, mengonsumsi alkohol berlebih berpotensi menyebabkan kerapuhan pada tulang. Konsumsi kafein juga dapat menggerus kalsium dalam tulang, sehingga cepat mengalami pengeroposan.

Hilal memberikan beberapa tips untuk mencegah osteoporosis. “Bisa dicegah dengan cara berolahraga secara rutin. Terutama olahraga angkat beban. Selain itu wajib mengonsumsi Vitamin D,” katanya.

Dia juga mengimbau untuk tidak mengonsumsi obat sembarangan. Terutama obat kortikosteroid. “Karena obat kortikosteroid kalau untuk pemakaian jangka panjang bisa mempercepat proses osteoporosis,” tandasnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...