Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Satu Pegawai Setda Jepara Positif Corona

MURIANEWS, Jepara –  Seorang pegawai di lingkungan Setda Kabupaten Jepara, dikabarkan terkonfirmasi positif Covid-19 atau Corona. Penanganan terhadap kasus ini, kabarnya juga sudah dilakukan.

Penyemprotan disinfektan juga sudah dilakukan di sejumlah ruangan di Gedung Setda Jepara, yang diperkirakan bisa menimbulkan dampak lanjutan. Sementara penanganan lainnya, masih direncanakan sampai Rabu (21/10/2020).

Sekretaris Daerah Jepara Edy Sujatmiko saat dikonfirmasi membenarkannya kabar tersebut. Seorang staf TU di Bangian Pengadaan Barang dan Jasa (PJB) Setda Jepara, memang terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal ini diketahui saat yang bersangkutan menjalani test untuk mendapatkan syarat-syarat melakukan perjalanan dinas luar ke Jogyakarta, beberapa waktu lalu.

“Iya memang benar. Ada satu orang staf yang terkonfirmasi positif covid. Kami sudah berkoordinasi dengan DKK (Dinas Kesehatan Kabupaten) Jepara, untuk penanganannya. Langkah-langkah cepat juga sudah dilakukan, dengan melakukan dekontaminasi di sejumlah ruangan,” ujar Edy Sujatmiko, Rabu (21/10/2020).

Dijelaskan oleh Edy Sujatmiko, kronologi kasus ini berawal saat yang bersangkutan akan menjalani dinas luar ke Yogyakarta. Sesuai dengan persyaratan, semua yang akan melaksanakan dinas luar harus menjalani rapid test untuk melengkapi surat jalan terkait covid.

Saat melakukan rapid test, hasilnya reaktif dan dilanjutkan dengan pemeriksaan swab. Dari hasil swab tersebut ternyata yang bersangkutan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Begitu mengetahui hasilnya, Setda Jepara langsung melakukan beberapa tindakan penanganan. Di antaranya adalah melakukan proses dekontaminasi dan melakukan koordinasi dengan DKK terkait proses tracing dan tracking. Rencananya, Kamis (22/10/2020) akan ada kegiatan swab untuk kontak erat yang masuk dalam daftar tracing.

“Beberapa pegawai yang merupakan kontak erat juga sudah dites. Lainnya masih terus dilakukan tracing. Beberapa lokasi yang berhubungan dengan yang bersangkutan juga sudah didekontaminasi dengan disemprot disfektan,” tambah Edy Sujatmiko.

Sementara itu, secara terpisah Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Jepara, Moh Ali menegaskan, memang ada staff pegawai di Setda Jepara terkonfirmasi positif covid.

Hasil lab yang diumumkan Satgas Penanganan Covid 19 Jepara, pada Selasa (20/10/2020) malam sudah memuat inisial dari yang bersangkutan. Selanjutnya, upaya-upaya penanganan juga sudah dilakukan dan akan terus dilakukan.

“Tentu sudah ada upaya penanganan yang dilakukan. Selanjutnya upaya penanganan lanjutan juga akan terus dilakukan. Intinya kasus ini sudah ditangani dengan baik dan terus ditangani lanjutannya,” tambah Moh Ali.

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...