Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

930 Santri di Kudus Sudah Dapatkan Bantuan Program Indonesia Pintar

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 930 santri pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Kudus sudah menerima bantuan dari Program Indonesia Pintar (PIP). Mereka berasal dari 15 ponpes di Kudus mulai dari tingkat Ula, Wustho dan juga Ulya.

Kasi Pendidikan Pondok Pesantren Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kudus, Sulthon mengatakan penyaluran PIP sudah terlaksana pada September 2020.

“Mereka yang mendapatkan yang memenuhi beberapa kriteria seperti santri kurang mampu hingga santri yang tidak berstatus sebagai peserta didik,” kata dia saat ditemui di Kantor Kemenag Kudus, Rabu (21/10/2020).

Ia merincikan di tingkat Ula (setara SD) ada 200 santri, tingkat Wustho (setara SMP) ada 213 santri dan yang terakhir di tingkat Ulya (setara SMA) ada sebanyak 517 santri. Nominal yang didapat dari PIP tersebut, tiap tingkat santri mendapatkan besaran nominal yang berbeda-beda.

“Untuk tingkat Ula mendapatkan Rp 450 ribu, tingkat Wustho mendapatkan Rp 750 ribu dan tingkat Ulya mendapatkan Rp 1 juta,” jelas dia.

Untuk PIP tahun depan, pihaknya akan tetap melakukan pendataan ulang. Dan akan melakukan verifikasi dan validasi data – data pengajuan tersebut.

“Agar bisa merata kami mengutamakan yang belum pernah mendapatkan. Tapi dengan persyaratan yang harus terpenuhi. Setelah ada pengajuan akan kami kroscek ke lapangan melihat kondisi yang sebenarnya,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...