Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Isolasi Mandiri di Rumah Dinilai Efektif, Ini Alasannya

MURIANEWS, Kudus – Melakukan isolasi mandiri di rumah dirasa lebih efektif ketimbang langsung dirujuk ke rumah sakit. Terutama bagi pasien corona yang tak bergejala.

Namun, isolasi mandiri yang dimaksud harus dilakukan dengan cara yang tepat. Kepala Instalasi Bedah Sentral RSUD Loekmono Hadi Kudus dr Wahyu Wijanarko mengatakan, rumah sakit tergolong memiliki risiko yang tinggi lantaran berpotensi adanya virus.

“Sebenarnya kalau yang menjalani isolasi mandiri itu taat dan dilakukan dengan benar itu justru efektif. Kalau dibawa ke rumah sakit tidak ada jaminan 100 persen efektif. Apalagi di rumah sakit kan pasiennya banyak. Lebih high risk,” katanya Selasa (20/10/2020) malam.

Kendati demikian, menurut Wahyu isolasi mandiri di rumah masih menjadi dilematis.

“Masyarakat kita masih belum memiliki pengalaman dan kedewasaan untuk menjalankan isolasi mandiri di rumah. Jadi ya masih dilema karena masyarakat kita belum benar-benar taat,” terang dia.

Wahyu juga tidak memungkiri jika pantauan tim kesehatan masih minim. “Kalau hanya bergantung pada tenaga kesehatan, Gugus Tugas, tenaga kesehatan di puskesmas jelas tidak bisa. Karena mereka harus memantau orang banyak,” ujar dia.

Wahyu menambahkan tenaga kesehatan harus memberikan pemahaman kepada masyarakat. Yakni tentang upaya pencegahan yang harus dilakukan, termasuk bagaimana penanganan saat terkena corona.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...