Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jangan Malu Saat Kena Covid, Dokter RSUD Kudus yang Sembuh dari Corona Ini Beberkan Tipsnya

MURIANEWS, Kudus – Kepala Instalasi Bedah Sentral RSUD Loekmono Hadi Kudus, dr Wahyu Wijanarko mengingatkan kepada masyarakat agar tak malu saat tertular Covid-19. Ia pun membagi tipsnya ketika berhasil sembuh dari virus tersebut.

Tips itu disampaikan saat menjadi pembicara dalam Live Talkshow Ubah Laku yang digelar MURIANEWS dan disiarkan langsung melalui channel Youtube MURIANEWS TV, Selasa (20/10/2020) malam.

“Jangan malu saat kena covid. Ada langkah konkret yang bisa dilakukan. Dimulai dari lingkungan yang terdekat seperti tetangga dan keluarga,” katanya dalam talkshow yang dipandu Pemred MURIANEWS Deka Hendratmanto tersebut.

Menurut dia jangan lebay ketika terkena covid. “Jangan lebay dan langsung berpikiran bahwa kena covid harus langsung dibawa ke RS,” terangnya.

Dia menjelaskan, ada hal efektif yang bisa dilakukan. Salah satunya langsung melakukan swab.

“Langkah pertama yang harus dilakukan begitu ada gejala batuk, nyeri tenggorokan, idealnya harus dilakukan swab lsngsung,” terang dia.

Namun, menurut dia untuk melakukan swab langsung memang tidak mudah. “Kenyataannya swab mahal dan memang tidak semua menyediakan swab,” sambungnya.

Wahyu juga mengimbau ketika masyarakat merasa ada kecurigaan terhadap dirinya sendiri apakah terjangkit atau tidak, alangkah lebih baiknya menganggap dirinya sendiri positif.

“Jadi kalau kita ragu terpapar atau tidak, langsung anggap saja diri kita positif. Setelah itu lakukan isolasi mandiri. Tingkatkan imun, makan makanan bergizi, dan berolahraga,” imbuhnya.

Baca: MDMC Punya Lima Strategi Tangani Corona, Salah Satunya Dirikan RS Covid-19

Dalam talkshow itu juga menghadirkan Naibul Umam, Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC Jateng). Ia juga mengimbau agar masyarakat selalu menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan dengan serius.

Ia menyatakan, MDMC Jawa Tengah juga akan terus memantapkan diri untuk menangani pandemi corona.

“Kami mendapatkan arahan dari pimpinan pusat, dan akan terus mantap menangani pandemi ini. Dan kami bersungguh-sungguh,” imbuhnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...