Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

MDMC Punya Lima Strategi Tangani Corona, Salah Satunya Dirikan RS Covid-19

MURIANEWS, Kudus – Live Talkshow Ubah Laku di Era Baru disiarkan secara langsung di kanal YouTube MURIANEWS TV pada Selasa (20/10/2020) malam. Berbagai strategi penanganan corona dibahas secara menarik.

Talkshow yang dipandu Pemimpin Redaksi MURIANEWS Deka Hendratmanto itu menghadirkan dua narasumber. Yakni dr Wahyu Wijanarko, Sp.B yang merupakan Kepala Instalasi Bedah Sentral RSUD Loekmono Hadi Kudus, dan Naibul Umam, Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC Jateng).

Sejumlah strategi penanganan corona dibahas. Salah satunya yang dilakukan oleh Muhammadiyah Disaster Managemen Center (MDMC) Jawa Tengah.

Lembaga ini menerapkan lima strategi dalam mencegah dan menangani Covid-19 agar tak meluas.

Naibul Umam menyampaikan lima strategi penanganan corona. Yang pertama yakni strategi advokasi, koordinasi, perencanaan, dan aksi. Lalu yang kedua yakni sistem layanan kesehatan.

Ketiga, sistem kesehatan masyarakat, keempat layanan pemberdayaan sosial ekonomi, dan kelima Komunikasi, publikasi, mobilisasi, dan keterlibatan masyarakat.

Naibul Umam menjelaskan satu per satu. Misalnya untuk sistem layanan kesehatan. MDMC saat ini tengah merencanakan pembangunan rumah sakit khusus Covid-19.

“Kami sedang siapkan pembangunan rumah sakit khusus untuk menangani corona di Gombong,” katanya.

Lalu, untuk strategi keempat terkait pemberdayaan sosial ekonomi. Pihak MDMC menyampaikan bantuan yang besarnya saat ini mencapai Rp 189 miliar yang disalurkan lewat LAZISMU.

“Jadi kami juga memperhatikan masyarakat yang terkena PHK. Kami juga berikan bantuan kepada guru-guru Muhammadiyah yang terdampak corona,” imbuhnya.

Baca: Jangan Malu Saat Kena Covid, Dokter RSUD Kudus yang Sembuh dari Corona Ini Beberkan Tipsnya

Pun dengan strategi ketiga, pihak MDMC juga memberikan upaya terkait konsultasi psikologi, bantuan ketahanan pangan, panduan pemulasaran, mengusahakan hukum salat menjaga jarak, dan salat pakai masker.
Sementara itu, dr. Wahyu Wijanarko mengimbau kepada masyarakat agar tetap menaati gerakan 3M.

“Sebenarnya gerakan 3M itu efektif apabila dilaksanakan dengan benar. Selain itu masyarakat harus rajin berjemur, berolahraga, jangan stres, dan makan makanan yang bergizi,” tandasnya. 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...