Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Peringatan Hari Santri Nasional di Kudus Tanpa Karnaval, Khotmil Quran dan Zikir Digelar di Pondok

MURIANEWS, Kudus – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada Kamis (22/10/2020) lusa tahun ini bakal digelar sederhana. Karena kondisi masih masa pandemi, peringatan kali ini tanpa karnaval dan berbagai acara seperti tahun sebelumnya.

Kasi Pendidikan Pondok Pesantren Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kudus Sulthon membenarkan HSN tahun ini digelar secara sederhana. Hanya ada upacara terbatas dan kegiatan khotmil Quran serta zikir bersama di masing-masing pondok pesantren.

“Besok pagi Rabu (21/10/2020) pukul 07.00 WIB seluruh santri di Kudus mengikuti kegiatan khotmil Quran di pondok masing-masing,” katanya saat ditemui di kantor Kemenag Kudus Selasa (20/10/2020).

Kegiatan khatmil Quran ini, lanjut Sulthon, digelar secara serentak di se-Jawa Tengah dengan jumlah peserta mencapai 99.999 santri. Kemudian, pada malam harinya santri yang ada di Kudus juga akan mengikuti zikir bersama.

“Kegiatan itu secara virtual dari masing-masing ponpes. Khotmil Quran dan zikir bersama serentak pukul 19.00 WIB itu di Kudus sendiri ada sekitar 22 ribu santri,” jelasnya.

Kegiatan zikir bersama ini ditujukan untuk mendoakan masyarakat Indonesia agar senantiasa diberi kekuatan dan keselamatan. Tak lupa doa, agar pandemi segera berlalu juga turut dipanjatkan dalam kegiatan tersebut.

Tepat di hari Kamis  (22/10/2020) kegiatan upacara bendera akan dilakukan secara terbatas dan mengikuti protokol kesehatan dengan ketat. Hanya sekitar 50 peserta yang terdiri dari ASN, pengurus ponpes dan perwakilan santri.

“Upacara pagi di Pendapa Kudus secara terbatas. Waktunya sekitar pukul 07.00 WIB di rangkaian kegiatan ini, baik upacara, khotmil Quran, dan zikir bersama harus mengikuti protokol kesehatan,” tandasnya.

 

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...