Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jangan Pegang Bagian Depan Masker, Begini Kalau Mau Melepas

MURIANEWS, Kudus – Memakai masker di era pandemi seperti saat ini wajib dilakukan. Namun, bagaimana ketika ingin melepas masker?.

Ternyata ada tata cara yang harus dilakukan. Sebab, tak boleh sembarang ketika melepas masker. Pasalnya bisa berpotensi terkena virus.

Bagian depan masker yang kita pakai bisa saja menjadi tempat virus. Oleh sebab itu, ketika hendak melepas masker tidak diperbolehkan menyentuh bagian depan.

Dokter Aprilia Sariwiyanti, yang praktik di RS Aisyiyah Kudus memberikan tata cara melepas masker.

“Bagian luar masker tidak boleh dipegang. Kalau mau melepas pegang talinya. Terus kalau mau dibuang dibungkus dengan tisu dulu. Setelah itu baru dibuang,” katanya, Selasa (20/10/2020).

Ditanya soal tata cara memakai masker yang benar, Aprilia mengatakan, masker harus menutupi hidung dan mulut.

“Idealnya delapan jam dan harus menutup hidung dan mulut. Karena di dua mulut itu menjadi tempat berkembangnya virus,” ujar dia.

Selain memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak menurut dia tetap harus diperhatikan. “Keluar masuk toko atau rumah dibiasakan mencuci tangan. Terus menjaga jarak minimal 1,5 meter,” sambungnya.

Menurutnya masih banyak masyarakat yang belum mengindahkan untuk menerapkan gerakan 3M (memakai masker, mencuci tangan pakai masker, menjaga jarak).

“Kadang saya lihat sendiri pada enggak pakai masker. Sebenarnya ada yang bawa tapi ditaruh saku celana,” terang Aprilia.

Perempuan yang hobi membaca itu juga menyarankan agar masyarakat mengonsumsi makanan bergizi. Di samping itu, harus diimbangi dengan istirahat yang cukup dan berolahraga seminggu minimal tiga kali dengan durasi minimal 30 menit dalam sekali berolahraga.

Reporter: Vega Ma’ariji Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...