Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Semua Desa di Kudus Dipastikan Bisa Cairkan BLT DD Hingga Desember

MURIANEWS, Kudus – Semua desa di Kabupaten Kudus dipastikan bisa mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap tujuh hingga sembilan atau sampai Desember 2020. Dengan nominal per kepala keluarga mencapai Rp 300 ribu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kudus Adi Sadhono memastikan hal tersebut.

“Anggaran Dana Desanya saya yakin masih aman dan masih bisa digunakan untuk penyaluran BLT DD tahap tujuh sampai sembilan,” katanya, Selasa (20/10/2020).

Pihak pemerintah desa di seluruh Kota Kretek pun telah diminta memperbaharui APBDesnya. Sesuai ketentuan dari pusat terkait penyaluran BLT DD hingga Desember 2020 mendatang.

Adi menambahkan, perubahan APBDes sendiri , diperbolehkan lebih dari sekali bila dalam kondisi darurat.

Dengan demikian, pemerintah desa yang terlanjur mengalokasikan anggaran untuk kegiatan lain, sesuai Peraturan Kementerian Keuangan diprioritaskan untuk penanganan maupun pencegahan Covid-19.

Sementara sampai saat ini, penyaluran BLT DD di Kabupaten Kudus sudah memasuki tahap keenam. Dengan total desa yang menyalurkan adalah sekitar 70 desa.

“Dengan jumlah penerima bantuan BLT dana desa di Kudus sekitar 23 ribu orang lebih,” jelas dia.

Baca: Kabar Baik, BLT dari Dana Desa di Kudus Diperpanjang Hingga Desember

Sementara Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah Sulaimansyah mengatakan, akan ada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) terbaru terkait pencairan BLT DD hingga Desember 2020 mendatang.

Pasalnya, dimungkinkan ada desa yang Dana Desanya tidak mencukupi untuk pencairan BLT DD hingga Desember mendatang. “Peraturannya akan keluar segera,” kata dia.

Di Jawa Tengah sendiri, jumlah DD yang sudah disalurkan kepada 29 kabupaten/kota di Jawa Tengah untuk keperluan BLT DD sendiri mencapai Rp 7,009 triliun. Jumlah tersebut, diperuntukkan kepada 7.809 desa.

Sementara khusus untuk Kudus sendiri, sudah disalurkan sebanyak Rp 118.665.112.000. Atau sekitar 80,27 persen dari pagu sebesar Rp 147.823.461.000. “Data tersebut per 30 September kemarin,” jelas dia

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...